Home Ekonomi Mensos: Pengentasan Kemiskinan ke Depan Semakin Berat

Mensos: Pengentasan Kemiskinan ke Depan Semakin Berat

Jakarta, Gatra.com - Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa angka kemiskinan dan gini ratio sudah dapat diperbaiki dari tahun ke tahun. Saat ini angka kemiskinan saat ini berada pada titik 9,41% dan gini ratio pada titik 0,382%.
 
Agus mengatakan pengentasan kemiskinan tidak berhenti pada titik itu. Bahkan ke depan, pengentasan kemiskinan akan semakin berat dan kompleks.
 
"Berubahnya tatanan kehidupan yang membuat masalah kemiskinan semakin rumit. Lapangan pekerjaan terus berkembang dan memerlukan keterampilan dan kapasitas intelektual yang memadai," kata Agus di Taman Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (30/8).
 

Ia menambahkan, bagi masyarakat prasejahtera, kondisi persaingan saat ini dirasakan tidak seimbang. Hal ini disebabkan akses kesempatan kerja didasari oleh perbedaan kualitas SDM.

Pengentasan kemiskinan, lanjut Agus, merupakan tanggung jawab bersama. Oleh karena itu, Kemensos terus membuka peluang kerja sama dengan kementerian dan lembaga lain dalam rangka mengentaskan kemiskinan di Indonesia.
 
"Kami memandang kolaborasi dengan kementerian dan lembaga lain akan sangat bermanfaat bagi peningkatan peran atau tanggung jawab berbagai sektor terhadap upaya kita dalam menangani kemiskinan. Sehingga dimungkinkan pendayagunaan berbagai sumber atau berbagai potensi dari berbagai stakeholder," jelasnya.
 
108