Home Olahraga Petanque Sumut Lolos ke PON Papua

Petanque Sumut Lolos ke PON Papua

Medan, Gatra.com - Kontingen Petanque Sumatera Utara memastikan diri tampil di PON XX/2020 Papua mendatang. Ini setelah Sumut tampil sebagai juara umum ketiga di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Petanque yang digelar di Lapangan Cenderawasih, Jakarta Barat, 26 hingga 31 Agustus lalu.

Ajang yang juga sebagai Prakualifikasi PON ini, hanya 7 kontingen terbaik yang berhak tampil di PON Papua. Kontingen petanque Sumut sukses raih 2 emas, 1 perak dan 3 perunggu.

Baca Juga: Korupsi Lintasan Atletik, Anak Buah Baharuddin Ditahan

Emas yang diraih anak asuh pelatih Dr Ibrahim Sembiring, SPd, MOr, yang juga dosen FIK Unimed dan Hotma Parlindungan, SPd ini yakni, Pumareka Tarigan dari nomor single man. Pumareka kembali persembahkan emas dari nomor tripple mix 1 women 2 menjadi, bersama kompatriotnya Rohana Seprida Purba dan Rudi Irwanto.

Sedangkan medali perak, masing-masing diraih, Pumareka Tarigan, Erry Havosan Frinando Nababan/Rudi Irwanto/Muhammad Dia (nomor tripple man). Untuk medali perunggu, didapat dari nomor shooting man oleh atlet Erry Havosan Frinando Nababan.

Baca Juga: Korupsi Dispora Sumut, Ruang Kerja Baharuddin Digeledah

Kemudian, dari nomor tripple women, Yuyun Danaty Manullang/Cintami Rahmadani Jambak/Ayu Mutiara Sari/Rohana Seprida Purba. Serta nomor tripple mix 1 man 2 women, atas atlet Andriadi Putra Simanjuntak/Nosanta Yepi Ginting/Cintami Rahmadani Jambak.

"Alhamdulillah para atlet berhasil mengantarkan petanque Sumut tampil ke PON Papua," ungkap gembira Ketua Umum FOPI Sumut, dr Hj Liliana Puspa Sari, SPd, MKes, Senin (2/9).

Lili menyebutkan, dengan lolosnya Sumut ke PON, menjadi pekerjaan rumah pihaknya untuk mempersiapkan atlet hadapi pesta olahraga empat tahunan itu. "Kami harus persiapkan atlet hadapi PON, yang pasti pertandingan akan lebih berat dan disini ujian sesungguhnya bagi atlet," tutur Lili.

Baca Juga: Korupsi Sirkuit Atletik Anak Buah Baharuddin Tersangka

Sedangkan tampil sebagai juara umum, yakni kontingen Aceh yang sukses atas perolehan medalinya, 3 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Diikuti Jawa Timur diposisi kedua, dengan 3 emas dan 1 perak. Sumut sendiri berada di posisi ketiga, dengan 2 perak, 1 perak dan 3 perunggu.

Bali amankan tempat keempat dengan raihan 2 emas dan11 perak dan posisi kelima disematkan kepada kontingen Sulawesi Selatan atas 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Tuan rumah DKI Jakarta, harus puas diposisi keenam klasemen, yang hanya berhasil amankan 1 emas dan 3 perunggu. Jawa Barat menjadi juru kunci yang berhak tampil di PON 2020 Papua, dengan raihan 2 perak dan 1 perunggu.

Reporter: Iskandar

361