Home Politik Siaga Hadapi Demo Polda Bali Takar Kekuatan Kompi Kerangka

Siaga Hadapi Demo Polda Bali Takar Kekuatan Kompi Kerangka

Denpasar, Gatra.com -- Sebanyak 605 personel Polda Bali tergabung dalam Kompi Kerangka melakukan apel di Lapangan Iptu Soetarjo Brimob, Tohpati, Kota Denpasar, Kamis (3/10). Apel itu untuk menakar jumlah kekuatan personel, mengecek peralatan, sekaligus melaksanakan latihan bersama. Dan menyikapi adanya demonstrasi beberapa daerah di Indonesia belakangan ini.

 

Wakapolda Bali, Brigjen Pol. Drs. I Wayan Sunartha menyampaikan,apel kesiapan ini guna mengetahui jumlah riil anggota Polri yang disiagakan apabila terjadi aksi unjuk rasa di wilayah hukum Polda Bali. Selain itu juga mengecek kondisi peralatan yang akan digunakan dalam menangani aksi unjuk rasa.

“Situasi Bali sampai saat ini masih aman dan kondusif. Kami meningkatkan kegiatan patroli terutama di wilayah Renon. Meskipun situasi aman, saya tetap meminta kepada seluruh anggota Polri agar selalu siap sedia, apabila diperlukan dalam waktu-waktu tertentu,” jelasnya.

Ratusan personel yang hadir dalam apel dibagi menjadi 5 Kompi, dimana setiap kompi terdiri dari 3 pleton. Kemudian diarahkan guna melakukan peragaan dan pengaturan posisi personel mulai dari Dalmas Awal, Dalmas dilanjutan dan Dalmas Akhir.

"Sejauh mana kemampuan personel Polri saat berhadapan dengan aksi massa yang damai dan rusuh juga diawasi. Latihan Dalmas Awal, Dalmas Lanjutan dan Dalmas Akhir harus dilakukan sesuai dengan Protap yang ada, sehingga Polri akan dinilai profesional saat menghadapi unjuk rasa," tutupnya.

197