Home Gaya Hidup GoPay Latih Pengusaha Kecil Transaksi Nontunai

GoPay Latih Pengusaha Kecil Transaksi Nontunai

Jakarta, Gatra.com – GoPay mengadakan Forum Pedagang Baik untuk mendampingi para pengusaha kecil mengembangkan bisnis mereka dengan teknologi. Forum ini berupa pelatihan yang disesuaikan dengan karakteristik masing-masing lokasi dan kebutuhan para pedagang.

“Jadi yang GoPay lakukan untuk membantu kegiatan pemerintah dalam hal literasi keuangan di Indonesia adalah melakukan edukasi langsung dan juga menawarkan atau mengajak pedagang kecil untuk mulai mencoba yang namanya pembayaran nontunai,” ungkap Dewi Yulianti Rosa, Head of Micro Merchant GoPay, di Kuningan, Jakarta, Rabu (30/10).

GoPay membantu 380.000 mitra UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka. Untuk Forum Pedagang Baik ini telah dilaksanakan di 7 lokasi dan melibatkan sekitar 300 pedagang kecil. Dalam forum tersebut, mereka diberikan pelatihan mulai dari cara penggunaan aplikasi hingga strategi penampilan menu untuk menarik pelanggan.

“Materinya cukup simpel sih, mulai dari bagaimana cara penggunaan aplikasi kami, gimana caranya melihat uangnya sudah masuk atau belum, terus kalau ada kendala mereka harus lapor ke mana. Kita juga menambahkan materi lain seperti gimana cara bikin menu yang baik sehingga customer bisa lebih enak ngeliatnya,” kata Dewi.

Selain itu, GoPay juga membantu mendaftarkan para pedagang kecil menjadi rekan GoFood sehingga jangkauan mereka lebih luas lagi.

Head of Project Management pada Sekretariat Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI), Djauhari Sitorus, mengungkapkan dukungannya terhadap Forum Pedagang Baik. “Kami sangat mendukung adanya program Forum Pedagang Baik ini. Karena ini merupakan suatu program yang sangat konsisten yang membantu keuangan inklusi,” ungkapnya.

Adapun keuangan inklusi merupakan keadaan seluruh anggota masyarakat dapat memiliki akses terhadap produk keuangan yang diberikan lembaga keuangan formal.

Widi, salah satu pedagang kecil yang mengikuti Forum Pedagang Baik, mengungkapkan, GoPay dan forum ini membantu kegiatan berdagangnya. “Arus keuangan saya jadi lebih baik dan bisa dicek gitu transaksinya. Terus menjangkau pelanggan lebih luas jadi usaha saya omsetnya meningkat. Saya jadi bisa belajar bagaimana cara meningkatkan usaha saya yang kecil ini jadi lebih berkelas,” katanya.

Widi berharap GoPay dapat terus mengeluarkan inovasi yang bisa memajukan dan memperdayakan para pengusaha kecil sehingga usaha mereka menjadi lebih maju dan berkembang.

Reporter: IMS

289