Home Hukum Pencari Kerang Hias Batam Ini Ditemukan Tak Bernyawa

Pencari Kerang Hias Batam Ini Ditemukan Tak Bernyawa

Batam, Gatra.com - Derven Elson, lelaki 29 tahun itu diseret ombak hingga hilang di perairan Tanjungpinggir, Sekupang, Jumat (1/11). Korban sengaja berenang di pesisir karang itu mencari kerang laut.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjung Pinang, Mu'min Maulan mengatakan, kejadian itu pertama kali dilaporkan oleh Ruslan yang mengaku sahabat korban kepada Pos SAR Batam, Jumat (1/11).

Mu’min menyebut, kuat dugaan kalau Derven mengalami kram otot kaki saat berenang mencari kerang. Disaat itulah dia diseret ombak ke tengah hingga luput dari pandangan sahabatnya.

"Korban diperkirakan hilang sekitar pukul 15:30 Wib. Korban yang hoby mencari kerang hias itu mendadak hilang," kata Mu'min kepada Gatra.com, Selasa (5/11).

Dapat laporan, saat itu juga 5 orang Tim SAR mendatangi lokasi kejadian. Mereka menyisir lokasi awal korban hilang dan wilayah sekitar. Pencarian dilakukan hingga pukul 22:00 Wib. Hasilnya nihil.

Esoknya, pencarian berlanjut sedari pagi hingga pukul 18:00 Wib. Untuk ini, 15 orang porsonil SAR dikerahkan.

"Di hari kedua, tim gabungan yang turun, KS SAR dari Tanjungpinang ikut turun bersama Pos SAR Batam, Polairud Polda Kepri dan masyarakat nelayan setempat. Pencarian masih nihil," katanya.

Hari ketiga berlanjut lagi "Tidak juga membuahkan hasil. Padahal tim yang turun sudah dibantu peralatan 1 set Mopel dan 1 unit SB Polair," katanya.

Di hari kelima, pencarian menemukan titik terang. Derven ditemukan dalam keadaan tak bernyawa hanya 300 meter dari lokasi kejadian.

"Kini jasad yang bersangkutan sudah dievakuasi ke RS Bhayangkara untuk diidentifikasi sembari menunggu keluarga korban," terangnya.

 

168