Home Kesehatan Inovasi Kesehatan Bikin Menkes Bangga

Inovasi Kesehatan Bikin Menkes Bangga

Tangerang, Gatra.com - Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Terawan Agus Putranto menunjukkan kekagumannya saat melihat beberapa inovasi karya anak bangsa di acara Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF) Awards ke-3 Tahun 2019. Acara ini merupakan rangkaian dari Hari Kesehatan Nasional ke-55 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (9/11).

"Sangat bangga dan bahagia melihat ini semua. Saya yakin, Indonesia bisa mandiri di bidang peralatan kesehatan dan inovasi kesehatan lainnya. Saya melihat sudah mulai lepas dari sekat. Jadi, nanti tinggal dimanfaatkan dengan peraturan yang bisa mendukung," katanya kepada wartawan.

Salah satu inovasi yang menarik yakni alat holter atau pengukur detak jantung yang bisa digunakan secara portabel. "Hanya ditempelin di perut ibu hamil untuk mengatur detak jantung bayi di dalam kandungannya. [Alat ini] bisa dipantau dari jarak jauh," ujar Terawan.

Inovasi lainnya yaitu kasur dengan standar ortopedik. Sesuai bentuknya, alat ini tidak terlalu masuk ke dalam, supaya pasien bisa tidur dengan nyaman. Diperuntukkan bagi pasien yang baru saja melakukan operasi agar bekas lukanya tidak membuat sakit dan pegal.

"Kemajuan inovasi kesehatan ini untuk bisa mendukung program menuju Indonesia unggul dan sehat. Kita menjadi bangsa yang siap untuk Indonesia maju pada tahun 2045 mendatang. Percaya deh, kalau lihat semangatnya dalam membuat inovasi, saya bangga," pungkasnya.

151