Home Ekonomi Pengamat: Pertumbuhan Ekonomi Sulit Membaik dalam Waktu Dekat

Pengamat: Pertumbuhan Ekonomi Sulit Membaik dalam Waktu Dekat

Jakarta, Gatra.com - Pengamat ekonomi Lana Soelistianingsih menilai bahwa pertumbuhan ekonomi nasional sulit membaik dalam waktu dekat. Dia melihat bahwa beberapa wajah baru di kementerian bidang ekonomi masih perlu beradaptasi dengan visi pemerintah.

"Saya kira kuartal IV gak mungkin naik ya, kecuali faktor musiman. Saya belum melihat sih ada gebrakan dari menteri-menteri yang baru itu, khususnya di bidang ekonomi," kata Lana saat dihubungi Gatra.com, Rabu (13/11).

Menurut Lana, pemerintah perlu melakukan terobosan atau kebijakan berbeda dari sebelumnya untuk memulihkan kembali pertumbuhan ekonomi. Terlebih, kata dia, melambatnya pertumbuhan ekonomi di tahun ini cukup dipengaruhi oleh isu-isu politik yang membuat pelaku usaha resah.

"Harapannya dalam waktu 3 bulan pemerintah sudah bisa keluar dengan ide-ide yang bisa melakukan terobosan. Jadi terobosan yang out of the box, ya ga seperti biasanya lah," ucap Lana.

Seperti diketahui, pertumbuhan ekonomi nasional kembali melambat di kuartal III 2019. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan hanya 5,02% year of year (yoy) atau lebih rendah dari kuartal III 2018.

Lebih jelasnya, perlambatan sektor industri menjadi 4,15% dari 4,35% pada kuartal III tahun 2018 dan kinerja sektor pertanian yang turun dari 3,66% menjadi 3,08% ikut mempengaruhi perlambatan. Belum lagi investasi atau Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) juga melambat, hanya 4,21% yang artinya anjlok dibandingkan dengan kuartal III tahun 2018 yang tercatat 6,96%.

598