Home Politik Hanura Mulai Dilirik Sejumlah Kandidat di Pilgub Jambi

Hanura Mulai Dilirik Sejumlah Kandidat di Pilgub Jambi

Jambi, Gatra.com – DPD Partai Hanura Provinsi Jambi sudah mulai membuka proses penjaringan bagi bakal calon kepala daerah (bacakada) pada hajatan lima tahunan pemilihan Gubernur (Pilgub) 2020 mendatang.

"Sudah ada beberapa kandidat yang sudah menghubungi, cuma tinggal konfirmasi untuk memastikan jadwal pengambilan formulir," kata Ali Adam, Wakil Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Jambi kepada Gatra.com, Selasa (3/12) siang.

Ali Adam menjelaskan hingga saat ini kandidat yang telah berkomunikasi untuk mendaftar adalah Bupati Merangin Al Haris, Anggota DPR RI H. Bakri, Wali Kota Jambi Sy Fasha, mantan Bupati Tanjung Jabung Barat Usman Ermulan, Gubernur petahana Fachrori Umar. "Masa pendaftaran 10 hari rasanya cukuplah bagi kita, karena nanti waktu pengembalian formulir nanti cukup lama," ujarnya.

Menurutnya, mekanisme penjaringan di partainya umumnya tidak jauh berbeda dengan partai lain yang sudah menggelar penjaringan, hanya bedanya Hanura menerapkan sistem pendaftaran secara online.

"Jadi online ini langsung ke pusat, sebelum kita melapor orang di DPP sudah mengetahui bahwa ada kandidat yang mendaftar di Jambi untuk Pilgub begitu pula untuk penjaringan di kabupaten/kota," katanya.

Ali Adam memastikan pihaknya juga akan melakukan mekanisme survei bagi kandidat yang mendaftar di Hanura. "Semua partai mungkin melakukan survei, karena hasil survei ini merupakan salah satu dasar mengusung kandidat," ucapnya.

Apakah survei nantinya Hanura yang mengadakan atau kandidat sendiri yang mencari lembaga survei?

"Apakah nanti kandidat ini langsung mencari atau menyerahkan ke partai. Pada prinsipnya tim survei ini yang jelas terdaftar dan diakui secara nasional. Selama ini memang biaya survei tidak melalui Hanura tetapi langsung kepada lembaga survei yang bersangkutan," ucapnya.

Reporter: Muhammad Fayzal

452