Home Milenial Palembang Jadi Tuan Rumah Kongres dan Fesmed AJI 2020

Palembang Jadi Tuan Rumah Kongres dan Fesmed AJI 2020

 

Palembang, Gatra.com - Pengurus Nasional Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia menetapkan AJI Palembang sebagai tuan rumah penyelenggara Kongres dan Festival Media (Fesmed) Tahun 2020.

Dipilihnya AJI Palembang sebagai tuan rumah Kongres dan Fesmed 2020 merupakan keputusan yang diambil dalam rapat pengurus yang berlangsung Rabu (4/12) lalu di Jakarta. Kemudian disosialisasikan langsung oleh Ketua Umum AJI Indonesia, Abdul Manan pada Kamis (5/12).

"Setelah ini AJI Palembang dan AJI Indonesia akan berkoordinasi lebih intensif soal persiapannya," kata Abdul Manan dalam keterangan persnya.

Ketua AJI Palembang, Prawira Maulana mengatakan, sangat bangga dengan dipilihnya Kota Palembang sebagai tuan rumah. "Pagi tadi (5/12) saya dapat kabar dari Ketua Umum. Kita bangga bisa dipercaya oleh pengurus nasional sebagai tuan rumah. AJI Palembang juga berjanji akan menyiapkan semuanya dengan baik agar Kongres berjalan sistematis dan lancar," katanya.

Pelaksanaan Kongres dan Fesmed 2020 di Palembang akan digelar pada bulan November 2020 dengan tema kampanye diantaranya Anti Korupsi.

"Banyak kegiatan yang akan dilakukan, mulai dari pameran, workshop dan seminar jurnalistik dengan tema yang sama yakni kampanya anti korupsi,” ujarnya.

Kongres dan Fesmed merupakan ajang pertemuan antar AJI kota se-Indonesia setiap tiga tahun sekali. Dalam kegiatan ini dipastikan lebih dari 300 jurnalis dari utusan AJI kota di Indonesia ikut berpartisipasi.

Sebelumnya, AJI Palembang dan AJI Medan merupakan kandidat yang telah diajukan dalam Rekernas 2018 lalu untuk wilayah Sumatera yang akan menjadi tuan rumah Kongres dan Fesmed 2020.

Sejumlah rangkaian seleksi telah dilakukan AJI Palembang dan Medan seperti melakukan presentasi kesiapan menjadi tuan rumah pada Fesmed 2019 di Kota Jambi pada 17 November lalu. Usai melalui sosialisasi dan berbagai pertimbangan, AJI Indonesia memutusan AJI Palembang sebagai pelaksanan tuan rumah Kongres dan Fesmed AJI 2020 mendatang.

 

 

Reporter: Karerek

 

172