Home Politik PDIP Nilai Kedaulatan Rakyat Kunci Utama Demokrasi

PDIP Nilai Kedaulatan Rakyat Kunci Utama Demokrasi

Jakarta, Gatra.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, berhasilnya Indonesia melaksanakan pemilu serentak tidak lepas dari peran rakyat sebagai benteng utama demokrasi. 

“Prinsip kedaulatan rakyat bekerja dengan baik dan menjadi benteng utama demokrasi. Seluruh rakyat Indonesia paham bagaimana pemilu saat itu berlangsung begitu kompleks dan diwarnai oleh ujaran kebencian, fitnah, hoax yang nyaris merobek persatuan dan kesatuan bangsa," kata Hasto dalam konferensi pers jelang HUT dan Rakernas 1 PDIP di kantor pusat DPP PDIP, Jakarta, Sabtu (21/12). 

" Namun ditengah ujian demokrasi tersebut, rakyat mampu hadir sebagai penjaga demokrasi. Rakyat Indonesia terbukti digerakkan oleh hati nurani, dan tidak terseret oleh ujaran kebencian yang berlangsung secara masif,” tambah Hasto. 

Sebagai partai pemenang Pemilu 2019, lanjut Hasto, PDIP ingin mempelopori untuk memikirkan secara mendalam makna demokrasi dengan mengajak partai politik yang lain bisa memunculkan gagasan segar demi kemajuan bangsa. 

"Demokrasi di mana seluruh partai politik seharusnya berlomba-lomba menyampaikan gagasan kemudian menjalankan gagasan itu bagi kemajuan bangsa dan negara. Karena itu demokrasi tidak bisa menetap sendiri, demokrasi perlu juga kerjasama untuk kemajuan kita sebagai bangsa," katanya. 

116

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR