Home Politik Siap-siap, Tahun Depan KPU Kota Jambi Rekrut PPK dan PPS

Siap-siap, Tahun Depan KPU Kota Jambi Rekrut PPK dan PPS

Jambi, Gatra.com – Rekrutmen bagi penyelenggara Ad hock Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pemilihan Gubernur tahun 2020 mendatang akan dilaksanakan dalam jadwal dan rentang waktu yang sama.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi, Adithiya Diar mengatakan rekrutmen PPK dan PPS ini akan dimulai tanggal 15 Januari sampai 14 Februari tahun 2020.

"5 orang PPK per kecamatan dikali 11 kecamatan menjadi 55 orang. Sementara untuk PPS-nya ada 3 orang per kelurahan dikali 60 kelurahan sehingga terdapat 120 PPS yang akan kita rekrut," kata Adithiya Diar kepada Gatra.com, Minggu (22/12).

Adithiya Diar menjelaskan pihaknya masih menyusun sejumlah agenda terkait masalah rekrutmen PPK dan PPS. "Ini kita lakukan agar tidak ada benturan jadwal rekrutmen antara PPK dan PPS sehingga harus disinkronisasikan. Kita utamakan perekrutan untuk PPK dahulu baru PPS, namun kita juga masih menunggu regulasi yang dikeluarkan KPU RI maupun Provinsi sebagai juknis di tahapan nantinya," ujarnya.

Adithiya Diar menjelaskan proses rekrutmen nantinya dilakukan secara terbuka dan bisa diikuti siapa saja. Bila nantinya dinilai memenuhi kriteria yang diatur dalam regulasi akan diloloskan.

"Sejauh ini syarat-syarat masih sama, tetapi kita tunggu petunjuk teknis rekrutmennya," katanya.

Adithiya menambahkan terkait metode tes tertulis bagi PPK dan PPS pihaknya juga masih menunggu teknis. "Kita masih menunggu petunjuk teknis juga terkait ini. Ini merupakan kebijakan lembaga masing-masing," ucapnya.

Reporter: Muhammad Fayzal

450