Home Kesehatan Tips Kuat Puasa, Saat Sahur Hindari Minum Kopi dan Teh

Tips Kuat Puasa, Saat Sahur Hindari Minum Kopi dan Teh

Semarang, Gatra.com - Menjalankan ibadah puasa Ramadan di tengah pandemi Virus Corona atau Covid-19 membutuhkan perhatian ekstra, terutama dari segi kesehatan.

Hal ini karena pola tidur akan terganggu karena harus bangun pagi untuk makan sahur, kebutuhan nutrisi makan tidak terpenuhi, dan malas bergerak sehingga dapat mempengaruhi daya tahan tubuh.

Supaya daya tahan tubuh agar tetap fit selama menjalani puasa Ramadan, Nutrition Expert Youvit gummy multivitamin, Puteri Aisyaffa memberikan tips.

“Saat sahur sebaiknya menghindari makanan mengandung gula dan lemak tinggi, nasi putih, mi, bihun, roti, jeroan, serta makanan dengan tambahan gula buatan,” katanya dalam rilis kepada Gatra.com di Semarang, Kamis (14/5).

Di samping itu lanjutnya, juga menghindari makanan kemasan seperti sardine kaleng, sosis, nugget, mi instan, kecap, dan saos karena mengandung natrium cukup tinggi bisa meningkatkan tekanan darah yang tidak baik untuk tubuh.

“Saat sahur juga jangan minum kopi dan teh karena bersifat diuretic sehingga bisa menstimulasi pengeluaran cairan lebih banyak dari dalam tubuh, melalui air seni maupun keringat sehingga tubuh lebih cepat dehidrasi,” ujarnya.

Perempuan yang akrab disapa Aisya, menyerankan saat sahur sebaiknya lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan karena selain kandungan vitamin dan mineralnya bagus mendukung fungsi sistem tubuh serta tinggi serat yang baik untuk sistem pencernaan.

Supaya lebih yakin dengan asupan nutrisi, setiap sahur mengonsumsi multivitamin yang dosisnya seimbang dan tidak berlebih seperti Youvit.

Walaupun gummy, multivitamin ini lengkap dengan 10 vitamin dan dua mineral dengan angka kecukupan gizinya sudah sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan RI.

“Pemenuhan nutrisi yang baik saat sahur memiliki peranan penting agar puasa tetap kuat dan sehat. Masih banyak orang Indonesia yang belum sadar bahwa sahur kunci supaya badan kita lebih tahan banting saat berpuasa,” ujar Aisya.

204