Home Politik Abi Bahrun ditunjuk Jadi Cabup, Ini Penjelasan PKS Riau

Abi Bahrun ditunjuk Jadi Cabup, Ini Penjelasan PKS Riau

Pekanbaru, Gatra.com - Ketua DPW PKS Riau, Hendri Munief, mengungkapkan terpilihnya Abi Bahrun sebagai bakal calon bupati Kabupaten Bengkalis, Riau telah melalui mekanisme partai. 

Menurut Hendri Abi termasuk dari sepuluh kader PKS yang ikut penjaringan ditingkat wilayah. Jumlah tersebut kemudian mengerucut menjadi tiga figur.

"Dari sepuluh di daerah kemudian mengerucut menjadi tiga sosok. Dia termasuk tiga sosok tersebut. Proses penentuan sepenuhnya di DPP PKS," urainya kepada Gatra.com di Kota Pekanbaru, Kamis (16/7). 

Kata Hendri lagi, tiga sosok tersebut merupakan kader yang dalam status siap maju. Oleh sebab itu terpilihnya Abi Bahrun bukan karena sosok lain tidak siap. 

"Ketiganya itu merupakan kader yang siap untuk maju. Kemudian DPP menentukan pilihannya. Jadi bukan karena yang dua lainya tidak siap," ujarnya. 

Diketahui, terpilihnya Abi Bahrun sempat menuai sorotan publik, mengingat Ketua DPD PKS Bengkalis, Khairul Umam, juga sempat mendapatkan dukungan dari Partai Demokrat.

Bahkan penyerahan surat keputusan dukungan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Hari Yudhoyono. Rencananya Khairul akan menggandeng Nur Azmi (kader Demokrat) untuk berlaga di Pilkada Bengkalis. 

Terkait hal ini, Hendri mengatakan pihaknya sudah menjelaskan persoalan tersebut kepada Pengurus Demokrat Riau. Oleh sebab itu ia memastikan bahwa calon yang diusung PKS hanya Abi Bahrun. Abi Bahrun akan berpasangan dengan mantan birokrat Kabupaten Bengkalis, Herman. 

"Sudah kita sampaikan duduk perkaranya dengan Partai Demokrat. Dan bagi internal PKS, jika DPP sudah menetapkan dukungan, semua kader wajib mendukung. Termasuk sepuluh kader kandidat yang ikut penjaringan," ujarnya.

527