Home Kebencanaan Kantor Telkom Terbakar, Akses Internet di Sumbar Lumpuh

Kantor Telkom Terbakar, Akses Internet di Sumbar Lumpuh

Padang, Gatra.com - Jaringan provider Telkomsel mengalami gangguan sejak pukul 14.40 WIB. Akibatnya, akses internet dan sambungan telepon lumpuh total bagi warga Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya.
 
Gangguan jaringan Telkomsel ini ramai diperbincangkan di media sosial, terutama warganet twitter dan instagram. Mereka mengeluhkan gangguan tersebut, sebab sangat mengganggu aktivitas dan kinerja yang sangat membutuhkan adanya jaringan internet.
 
"Tak bisa ngirim berita jadinya, akses internet tidak ada. Jaringan Telkomsel hilang sejak siang, wifi di kantor juga ikut mati," keluh seorang wartawan, Miko (37) kepada Gatra.com di Padang, Selasa (11/8).
 
Terkait keluhan masyarakat Sumbar itu, Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin membenarkan adanya permasalahan jaringan di provider tersebut. Salah satunya adanya penurunan kualitas akses layanan telekomunikasi Telkomsel di wilayah Sumatra.
 
Dikatakan Denny, permasalahan jaringan tersebut dipicu akibat terbakarnya Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di Kota Pekanbaru, Riau. Peristiwa itu akhirnya berdampak pada layanan panggilan suara dan SMS. Namun saat ini, tim teknis Telkomsel berupaya memulihkan layanan secara keseluruhan.
 
"Jadi untuk sementara belum dapat digunakan panggilan dan SMS. Ada penurunan kualitas data di sejumlah wilayah Sumatra. Kini sedang proses pemulihan agar bisa berjalan normal kembali," sebut Denny dalam keterangan tertulisnya.
1410