Home Ekonomi Puluhan Pedagang Pasar Kliwon Temanggung Terdampak Bocor

Puluhan Pedagang Pasar Kliwon Temanggung Terdampak Bocor

Temanggung, Gatra.com - Kurang lebih 30 orang pedagang di Pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung, Jawa Tengah mengeluhkan kerusakan atap pasar yang mengakibatkan kebocoran dan berdampak pada usaha berjualan mereka. Mereka pun mengeluh dan meminta pemerintah segera memperbaiki kerusakan, terlebih di musim penghujan ini bisa mengakibatkan lantai banjir dan barang dagangan rusak, sehingga konsumen pun enggan untuk membeli.

Siyami seorang pedagang di Pasar Kliwon Utara menuturkan, kerusakan atap sudah terjadi sejak setahun terakhir dan dari hari ke hari menjadi semakin parah. Pedagang pun sudah berupaya memperbaiki dengan cara menambal namun hasilnya tak maskimal dan tetap bocor. Diperkirakan setidaknya ada 30 pedagang terdampak bocor.

"Kalau sudah hujan kami tidak bisa berjualan dengan nyaman karena bocor, barang dagangan kami basah. Di sini rata-rata dagang sayur dan buah kalau kena hujan mudah rusak. Pembeli pun juga jadi enggan ke sini,"keluhnya, Selasa (9/3).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Temanggung, Sri Haryanto mengatakan, guna perbaikan tersebut sudah ada beberapa opsi. Pertama pihaknya telah mengajukan anggaran untuk perbaikan pasar sebesar Rp6 miliar. Kedua dengan memanfaatkan dana perawatan pasar meski hanya Rp150 juta.

"Kami sudah mengajukan anggaran untuk perbaikan atap pasar Temanggung, terutama untuk pasar utara. Anggaran kami ajukan ke Bankeu pusat untuk tahun 2022. Insyallah sudah masuk ke dalam skala prioritas mengajukan Rp6 miliar tinggal disetujuinya berapa. Harapan kami bisa disetujui semua supaya bisa lebih sempurna dalam perbaikan atap pasar,"katanya.


 

282