Home Gaya Hidup Pentingnya Peran Lembaga Adat Menjaga Adat dan Budaya

Pentingnya Peran Lembaga Adat Menjaga Adat dan Budaya

Solok, Gatra.com -  Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, menilai perlunya peran lembaga adat dalam sosialisasi kepada masyarakat untuk selalu menjaga jati diri adat dan budaya Minangkabau. Hal itu dikatakannya dalam acara silaturahmi bersama pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM), Bundo Kanduang dan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kota Solok, di Masjid Lubuk Sikarah, Sabtu (10/4). 

Dalam sambutannya, Zul Elfian Umar mengapresiasi dan mengucapkan selamat bersilaturahmi kepada seluruh pengurus LKAAM, Bundo Kanduang dan KAN Kota Solok. Kegiatan ini, katanya, sangat bermanfaat karena akan memasuki bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah. 

"Kita harus membersihkan diri. Salah satu caranya adalah dengan tetap menjaga silaturahmi," sebut Zul. 

Lebih lanjut Zul mengatakan peran dari LKAAM, Bundo Kanduang dan KAN sangat diperlukan pemerintah dalam mewujudkan visi menjadikan Kota Solok Kota yang diberkahi, maju dan sejahtera. Untuk membangun pemerintahan yang baik, kita harus menguatkan tali tigo sapilin. Tali yang pertama yaitu niniak mamak, tali yang kedua alim ulama dan tali yang ketiga cadiak pandai

Apalagi, saat ini krisis budaya telah mulai mengikis kelestarian adat budaya dan merusak generasi muda Minangkabau. Dunia telah dirasuki budaya merusak yang menjangkiti anak muda kita. Pergaulan negatif sangat terlihat mencolok mata. 

“Kita tidak mungkin menentang zaman, namun perubahan zaman itu seharusnya tidak menghilangkan jati diri adat dan budaya Minangkabau di tengah masyarakat,” katanya.

Senada dengan Zul, Wakil Wali Kota Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra mengatakan, kegiatan silaturahmi ini sangat penting artinya, apalagi dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan. 

Ramadhani menjelaskan, pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini juga berdampak kepada masyarakat di Kota Solok. Untuk itu, dia mengajak agar semua komponen masyarakat bisa bersama menyukseskan program nasional vaksinasi guna meningkatkan kekebalan tubuh dalam menghadapi pandemi Covid-19. 

"Apabila niniak mamak dan bundo kanduang mendengar kabar yang kurang baik tentang vaksinasi, jangan mudah percaya. Karena vaksin sudah teruji dan terjamin keamanan dan halal," sebut Ramadhani. 

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Solok Nurnisma juga mengapresiasi LKAAM Kota Solok yang telah menyelenggarakan silaturahmi ini menyambut Bulan Suci Ramadhan. 

Ketua DPRD Kota Solok tersebut meminta kepada LKAAM dan Bundo Kanduang untuk mengingatkan dirinya jika ada kesalahan dalam bekerja dan mengajak untuk bersama-sama membangun Kota Solok lebih baik ke depannya. 

418