Home Kesehatan Keliling Pasar, Dico Serukan Pemakaian Masker Dua Lapis

Keliling Pasar, Dico Serukan Pemakaian Masker Dua Lapis

Kendal, Gatra.com- Tak ingin kasus positif covid-19 terus meningkat, Bupati Kendal Dico M Ganinduto turun tangan langsung mensosialisasikan protokol kesehatan kepada para pedagang dan pembeli di Pasar Pagi Kaliwungu Kendal Jawa Tengah.
 
Sebelum masuk ke dalam pasar, Dico terlebih dahulu mewanti-wanti kepada para media yang telah menunggu kedatangannya, dalam mengambil gambar selalu memperhatikan jarak satu dengan yang lain. Bupati yang didampingi Dandim, Kapolres, Kepala Disdag dan Forkopimda kemudian masuk ke dalam pasar, menenteng pengeras suara.
 
Dengan pengeras suara, Dico menyerukan kepada para pedagang dan pengunjung pasar untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan. "Tadi saya terus ingatkan kepada para pedagang tentang protokol kesehatan," kata Dico M Ganinduto dalam keterangan persnya, Rabu (30/6).
 
Para pedagang, lanjut Dico, juga dihimbau untuk memakai masker dua lapis. Masker medis dan masker kain. Hal ini dilakukan mengingat saat ini virus corona varian delta sudah masuk ke Kendal. Virus varian ini diketahui mudah sekali menular, sehingga pencegahan dengan memakai masker dua lapis digalakkan. "Biar perekonomian bisa terus berjalan, maka protokol kesehatan harus diperketat," tegasnya.
 
Pihaknya mengaku akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terkait penerapan protokol kesehatan di pasar-pasar tradisional. Dico juga meminta kepada pedagang agar memasang dinding penyekat dari miia atau plastik untuk menghindari terjadinya kontak langsung antara penjual dan pembeli. "Ini adalah bentuk ikhtiar kita bersama agar virus corona bisa ditekan penyebarannya di Kendal," ujarnya.
 
Sementara itu, Ketu Paguyuban Pasar Faisal Mukri menyampaikan, terkait protokol kesehatan di Pasar Pagi Kaliwungu, pihaknya terus mensosialisasikannya kepada para pedagang. Sosialisasi dilakukan dengan menggandeng pihak keamanan pasar dan dilakukan secara intens dengan berkeliling pasar. "Tadi ada arahan dari Pak Bupati agar di tiap los pedagang dipasang pembatas dari plastik atau mika. Ini akan kita tindak lanjuti," ujarnya.
434