Home Kesehatan Covid-19 Melonjak, Relawan Gabungan Semprot Disinfektan

Covid-19 Melonjak, Relawan Gabungan Semprot Disinfektan

Banyumas, Gatra.com– Organisasi kemanusiaan Forum Relawan Lintas Organisasi (Fortasi) menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Polresta Banyumas, Kecamatan Rawalo, Koramil Rawalo, Polsek Rawalo dan Kader PDIP kecamatan Rawalo melakukan penyemprotan disinfektan secara masal di lima titik di Kecamatan Rawalo.

Koordinator Fortasi, Sudjadmiko mengatakan, penyemprotan disinfektan tersebut dilakukan karena terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang sangat signifikan di berbagai daerah, termasuk Banyumas. Akhir-akhir ini, terjadi kenaikan kasus Covid-19 di Kecamatan Rawalo.

Dia menjelaskan, lima titik penyemprotan yakni, Pasar Rawalo, RW 8 desa Rawalo, RW 5 desa Sidamulih, kawasan Balai Desa Pesawahan dan Pondok pesantren Miftahul Huda, Desa Pesawahan. “Fortasi dan kader PDIP Kecamatan Rawalo melakukan penyemprotan dengan 25 sprayer,” ujarnya, Minggu malam (4/7).

Menurut dia, titik lokasi penyemprotan telah dikoordinasikan dengan relawan dari unsur lain, terutama yang memang berada di Kecamatan Rawalo. Sebab, mereka yang paham titik yang butuh didisinfeksi. “Relawan siap untuk back up semua kegiatan kemanusiaan apa lagi menghadapi wabah Covid-19,” katanya.

Penyemprotan ini juga disambut baik oleh masyarakat. Kepala Desa Sidamulih Slamet, sangat berterima kasih dengan kegiatan penyemprotan di desanya. Sebab, beberapa waktu lalu hampir 60 orang penduduk desa Sidamulih positif Covid-19. “Tinggal 5 orang yang masih di isolasi,” ucap dia.

Sementara, Koordinator relawan dari PDIP David Okta Nugraha mengatakan penyemprotan itu memang sangat diperlukan oleh warga. Pasalnya, akhir-akhir ini terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang sangat signifikan.

Aksi penyemprotan ini juga diharapkan menjadi titik tolak agar masyarakat lebih taat protokol kesehatan. Dengan begitu, angka penularan Covid-19 bisa dikendalikan. “Diharapkan kader PDIP dapat mensosialisasikan prokes 3 M ke masyarakat sehingga penekanan wabah Covid-19 di wilayah kecamatan Rawalo dapat ditekan,” ucap dia.

1371