Home Kesehatan Kasus Covid di Sukoharjo Menurun, Masyarakat Tetap Waspada

Kasus Covid di Sukoharjo Menurun, Masyarakat Tetap Waspada

Sukoharjo, Gatra.com - Kasus Covid-19 di Kabupaten Sukoharjo sudah mulai mengalami tren penurunan. Kondisi ini berlangsung beberapa hari setelah ditetapkannya PPKM Level 4.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukoharjo dr Yunia Wahdiyati mengatakan, secara umum kasus positif Covid-19 di Sukoharjo mengalami penurunan. Hal tersebut terlihat dari berkurangnya mobilitas ambulance.

"Yang kedua keterisian bed Isolasi di rumah sakit saat ini menurun, angkanya sudah di angka 50 persen, itu hal yang bisa kita lihat dari sisi obyektifnya," katanya, Jum'at (20/8).

Selain itu dari sisi data kasus aktif juga mengalami penurunan. Sedangkan untuk kasus positif virus Corona masih terlihat tinggi. Namun ternyata setelah ditelusuri adalah data delay atau bisa diartikan data basi.

"Meski begitu tetap kita laporkan, karena bagaimanapun menunjukkan seberapa besar kasus Covid-19 di Sukoharjo. Angka kesembuhan juga meningkat, yang sebelumnya di angka 85 persen saat ini sudah ada di 88 persen," terangnya.

Meski mengalami penurunan, namun Yunia meminta kepada masyarakat agar tidak salah mengerti. Sekarang ini belum bebas dari pandemi Covid-19. Sehingga tetap diminta harus waspada dan mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

"Kemarin delta, mana tahu besok ada varian baru lagi, makanya disitu untuk Protokol kesehatan tetap harus dipatuhi," ujarnya.

Sementara itu berdasarkan update corona sukoharjo, per 19 Agustus kemarin, dalam sehari ada kenaikan kasus positif 74 kasus. Sehingga, akumulasi kasus positif corona di Sukoharjo menjadi 12.424 kasus dari sebelumnya 12.350 kasus.

Disisi lain, kasus positif sembuh naik 47 sehingga totalnya menjadi 10.921 orang dari sebelumnya 10.874 orang dan positif meninggal naik tujuh dari 759 menjadi 766 orang.

3340