Home Kesehatan Cegah Kerumunan, Polres Sukoharjo Gelar Vaksinasi Drive Thru

Cegah Kerumunan, Polres Sukoharjo Gelar Vaksinasi Drive Thru

Sukoharjo, Gatra.com - Polres Sukoharjo membuat inovasi pemberian vaksinasi Covid-19 dengan sistem drive thru. Vaksinasi yang digelar di Halaman Sentra Niaga Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah, tersebut dilakukan untuk mencegah adanya kerumunan, Kamis (2/9).

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, vaksinasi secara drive thru ini digelar untuk menghabiskan stok vaksin dosis pertama. Yakni sekitar 5 vial atau dengan sasaran 70 orang.

"Stok vaksin dosis pertama sudah hampir habis, jadi tidak bisa menggelar vaksinasi massal seperti kemarin, sehingga kita putuskan untuk vaksinasi secara drive thru," katanya.

Dalam kegiatan ini, peserta vaksinasi hanya dikhususkan untuk warga yang ber-KTP Sukoharjo. Hal ini untuk menggenjot pencapaian angka vaksinasi, yang mana saat ini vaksinasi untuk dosis pertama masih berada di angka 29 persen. Sehingga Kabupaten Sukoharjo masih ketinggalan jauh dari target 70 persen.

Selain itu, vaksinasi drive thru ini digelar untuk mencapai herd immunity atau kekebalan komunal masyarakat Sukoharjo agar lebih kuat.

Prosedur vaksinasi Covid-19 secara drive thru juga tidak jauh berbeda dengan pemberian vaksinasi biasanya, yakni juga melalui pendaftaran dan pemeriksaan kesehatan dan riwayat penyakit. Namun yang berbeda adalah peserta vaksinasi tidak turun dari kendaraannya. 

"Diharapkan ketika semua lapisan masyarakat telah melaksanakan vaksinasi, penyebaran Covid-19 dapat ditekan dan pandemi segera berakhir, dan bagi yang sudah mendapatkan vaksin agar tetap mematuhi protokol kesehatan," tandas Kapolres.

Salah satu peserta vaksinasi Ichandoyo (44) warga Kudu, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Jawa Tengah, mengaku senang ada vaksinasi secara drive thru ini. Bahkan program tersebut memudahkan dirinya yang berprofesi sebagai pengemudi ojek online (ojol). 

"Alhamdulillah ada vaksin drive thru ini, kita tidak perlu antri menunggu, karena sewaktu-waktu kita dapat orderan dari pelanggan," ucap pria yang mempunyai tato di lengan tangan tersebut.


 

1790