Home Pendidikan Torehkan Sejarah, Monash University Tembus 50 Besar Rangking Universitas Dunia

Torehkan Sejarah, Monash University Tembus 50 Besar Rangking Universitas Dunia

Jakarta, Gatra.com - Monash University berhasil naik 13 peringkat dan menduduki peringkat ke-44 secara global di Times Higher Education (THE) World University Rankings 2023. Pencapaian ini semakin mempertegas reputasi Monash University sebagai lembaga riset dan pendidikan terkemuka dunia.

Kenaikan peringkat tersebut juga menjadi catatan tersendiri karena Monash berhasil masuk 50 besar untuk pertama kalinya. Adapun beberapa bidang penilaian yang mengalami peningkatan adalah pengajaran (naik 2,6 poin), riset (naik 7 poin) dan sitasi (naik 2,7 poin), yang membentuk 90 persen dari perhitungan peringkat.

President & Vice-Chancellor Monash University, Profesor Margaret Gardner AC mengatakan, pencapaian tersebut diraih berkat kerja keras, bakat dan dedikasi dari staf dan akademisi Monash University baik yang berada di Australia ataupun di kampus lainnya seperti di Indonesia. Hasil tersebut diharapkan dapat menunjukkan komitmen Monash University untuk memberikan riset dan pendidikan kelas dunia.

“Pencapaian ini membuktikan bahwa Monash University telah berhasil membangun reputasi global dalam bidang riset dan pendidikan dengan kualitas kelas dunia. Kami percaya bahwa berbagai riset yang kami lakukan dapat menjawab tantangan zaman, mengembangkan pemahaman, dan solusi untuk kemajuan komunitas global,” ujar Profesor Margaret.

Margaret menyatakan, hasil tersebut merupakan cerminan dari komitmen pihaknya dalam mendorong lingkungan riset dan pengajaran kelas dunia yang mendukung tujuan Monash University dalam mewujudkan keberagaman, mengedepankan inovasi dan keberlanjutan, yang didukung oleh kolaborasi ambisius dengan jejaring mitra riset global.

“Pencapaian ini diharapkan akan membuka berbagai peluang menarik untuk mengakses pendanaan riset baru, membangun kemitraan baru, dan menarik lebih banyak mahasiswa,” pungkasnya.

152