Home Regional Kloter Pertama Jemaah Haji Diberangkatkan dari Bandara Adi Soemarmo

Kloter Pertama Jemaah Haji Diberangkatkan dari Bandara Adi Soemarmo

Boyolali, Gatra.com - Sebanyak 360 jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama asal Embarkasi Solo, berangkat dari Bandara Adi Soemarmo menuju Arab Saudi pada Rabu (24/5) pukul 00.30 WIB. Untuk pemberangkatan ini menggunakan Maskapai Garuda Indonesia Airlines (GIA).

Dari data Kementerian Agama Wilayah Jawa Tengah, tahun ini jemaah haji yang diberangkatkan ada sebanyak 33.664 jemaah, naik 117 persen dibandingkan tahun lalu.

Mereka berasal dari Grobogan, Demak, Kendal, Temanggung, Wonosobo, Purworejo, Kebumen, Brebes, Pemalang, Pekalongan, Batang, Sleman, Bantul, Gunung Kidul, Kulonprogo, Klaten, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, Boyolali, Sukoharjo, Cilacap, Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Pati, Jepara, Kudus, Rembang, Blora, Semarang, Salatiga, Magelang, Tegal, Yogyakarta dan Solo.

Baca Juga: Haji Antre Puluhan Tahun, Muncul Wacana Naik Haji di Luar Bulan Haji

Terkait pemberangkatan kloter pertama ini, PGS General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Ibnu Solikin mengatakan bahwa pihaknya telah memastikan kesiapan fasilitas sarana dan prasarana bandara. Mulai dari alat pendukung penerbangan, persiapan keamanan hingga persiapan personel pendukung.

”Selain itu jalur keluar dan masuk kendaraan jamaah haji juga telah disiapkan dengan baik sesuai dengan standar keamanan dan keselamatan penerbangan,” katanya.

Bandara Adi Soemarmo juga menugaskan 15 personel Aviation Security tiap shift yang akan mengawaki 4 unit mesin X-Ray, 2 unit Hand Held Metal Detector (HHMD) dan 2 unit Walkthrough Metal Detector (WTMD). Alat-alat ini dioperasikan di Asrama Haji Donohudan.

”Diharapkan calon jemaah haji yang memasuki bandara sudah dalam keadaan steril karena sudah melewati screening,” katanya.

Untuk pemberangkatan jemaah haji ini, GIA menyiapkan 14 pesawat yang ditempatkan di 5 parking stand. Semuanya melayani untuk pemberangkatan dan kepulangan jemaah haji tahun ini.

Sebagai tambahan informasi, Penerbangan jamaah haji Gelombang I ke Madinah berangkat pada tanggal 24 Mei – 7 Juni 2023 dan Gelombang II ke Jeddah berangkat tanggal 7 – 22 Juni 2023. Sedangkan untuk kepulangan Gelombang I dari Jeddah tanggal 4 – 18 Juli 2023 dan Gelombang II dari Madinah tanggal 19 Juli – 2 Agustus 2023. 

Sebelum diberangkatkan dari Bandara Adi Soemarmo, jemaah haji terlebih dahulu menginap semalam di Asrama Haji Donohudan guna dilakukan pemeriksaan kesehatan, dokumen dan pembekalan dari panitia.

74