Home Nasional Memasuki Masa Pemilu, Kapolri Ingatkan Masyarakat Jaga Persatuan dan Kesatuan

Memasuki Masa Pemilu, Kapolri Ingatkan Masyarakat Jaga Persatuan dan Kesatuan

Jakarta, Gatra.com- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan Indonesia kini sudah memasuki tahapan Pemilu 2024, untuk itu dia meminta agar masyarakat terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Hal tersebut diungkap Kapolri saat menghadiri Fun Walk di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat pada Minggu, (25/6). Dalam acara itu juga dihadiri oleh jajaran TNI-Polri, Menkopolhukam, KPU, dan Bawaslu.

"Pemilu saat ini sudah masuk tahapan. Tentunya perbedaan pendapat itu selalu biasa, karena memang di dalam pemilu, selalu ada perbedaan, selalu ada konflik. Oleh karena itu selalu saya sampaikan jaga persatuan dan kesatuan, walaupun pilihan kita beda," kata Sigit kepada wartawan di Monas, Jakarta Pusat, Minggu, (25/6).

"Namun konflik ini tentunya dikelola. Sehingga kemudian hasilnya pun juga betul-betul bisa mendapatkan pemimpin yang memang siap untuk mengantar Indonesia menuju Indonesia maju," sambungnya.

Dalam menjaga kesatuan dan persatuan, kata Sigit, hal itu dapat menjadi salah satu kemajuan bangsa yang signifikan. Pasalnya, Indonesia kini sudah memasuki demokrasi yang mapan.

"Kalau kita bisa melaksanakan pemilu dengan damai, tentunya kita bisa wujudkan demokrasi kita yang mapan. Dengan itu tentunya kita bisa memanfaatkan bonus demografi yang sudah di depan mata," ucap dia.

Jenderal bintang empat ini pun menyebut Indonesia kini juga sudah on the track dalam hal demokrasi. Banyak negara-negara yang sudah mengakui demokrasi Indonesia sudah berjalan dengan baik.

"Sebaliknya kalau pemilu ini kemudian terjadi masalah, maka potensi yang seharusnya kita bisa manfaatkan bonus demografi justru sebaliknya. Kerusuhan yang terjadi, dan kemudian kita justru mundur dan mungkin bisa terancam untuk tidak bisa menjaga apa yang sudah kita raih," pungkasnya.

25