Home Hukum Ikadin Siap Bantu Pemerintah Perbaiki Sengkarut Sektor Hukum

Ikadin Siap Bantu Pemerintah Perbaiki Sengkarut Sektor Hukum

Jakarta, Gatra.com –‎ Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) menilai bahwa pembangunan, infrastruktur, dan perkonomian pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) terbilang berhasil. Ikadin berharap agar pemerintah memperbaiki sengkarut di sektor hukum.

“Pemerintahan Jokowi telah berhasil dalam bidang pembangunan, ekonomi, politik semuanya kan stabil. Bidang hukum juga kita harapkan ini dapat diperjuangkan dengan baik,” kata Prof. Dr. Otto Hasibuan, Ketua Dewan Penasihat Ikadin di Jakarta, Sabtu (12/8).

Otto menjelaskan, jika semua bidang berjalan baik, namun minus menggembirakan di sektor hukum, maka tatanan jalannya negara dan bangsa tidak akan linier. Terlebih, masih banyak persoalan di bidang hukum.

“Kalau semuanya, bidang-bidang ekonomi itu berhasil, kalau bidang hukumnya tidak dapat menopangnya seimbang, maka ini akan sulit mendapatkan keadilan bagi masyarakat,” ujarnya.

Dalam acara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia besutan DPN Ikadin yang dihelat Women Lawyer Ikadin ini, Otto menyampaikan, Ikadin akan ambil bagian dalam memperjuangkan perbaikan di sektor hukum.

“Ikadin mengawal semua, membantu pemerintah, masyarakat, Pak Adardam Achyar [Ketum Ikadin] bilang, kita juga memberikan bantuan hukum secara gratis kepada masyarakat. Ikadin juga punya pusat bantuan hukum dan sebagainya,” kata dia.

Ketua Umum (Ketum) DPP Ikadin, Adardam Achyar dalam acara untuk memeriahkan HUT ke-78 RI ini, pihaknya siap membantu pemerintah untuk memperbaiki sektor hukum.

“[Ikadin] dapat mampu menjadi bagian penting dari pembangunan bangsa ini sebagaimana tujuan berdirinya Republik Indonesia ini,” katanya.

Terkait itu, lanjut Adardam, Ikadin memberikan penyuluhanan dan bantuan hukum secara cuma-cuma bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Kami menyelenggarakan kegiatan donor darah, konsultasi hukum secara cuma-cuma,” katanya.

Ketua Peringatan HUT ke-78 RI DPP Ikadin, Martasari Tarigan, menyampaikan, DPP Ikadin memberikan kepercayaan dan kesempatan kepada pengacara wanita atau Women Lawyers Ikadin di kepengurusan DPP untuk menghelat acara ini.

“Kami apresiasi support dan kepercayaan itu dengan bekerja maksimal dalam mempersiapkan acara ini yang saat ini berjalan lancar dan sukses,” kata Martasari.

155