Home Pendidikan Catat! 6 Tips ini Perbesar Peluang Lolos Tes PPPK 2023

Catat! 6 Tips ini Perbesar Peluang Lolos Tes PPPK 2023

Jakarta, Gatra.com - Hari ini, 9 oktober 2023 menjadi hari terakhir pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK. Sampai hari ini, sebanyak 2 juta pelamar lebih telah mendaftar. Secara terperinci, jumlah pelamar PPPK Guru per 9 Oktober 2023 pukul 6.00 WIB sebanyak 431.538 pendaftar, PPPK Nakes 401.118, dan PPPK Teknis 738.865 pendaftar.

Setelah penutupan pendaftaran dilakukan, pelamar disarankan segera mempersiapkan diri untuk menghadapi tes. Karena layaknya CPNS, tes PPPK juga dinilai membutuhkan persiapan yang matang.

CEO Aplikasi JadiPPPK, Alif Hijriah, juga menyarankan para pelamar untuk mempersiapkan diri dengan baik. Ia pun membagikan tips untuk membantu para pejuang PPPK untuk bisa sukses dalam menjalani tes. Tips pertama: Pahami henis tes PPPK.

Alif menjelaskan, tes PPPK terdiri dari beberapa jenis tes, termasuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Setiap jenis tes memiliki materi yang berbeda.

“Oleh karena itu, penting untuk memahami jenis-jenis tes ini agar kalian dapat belajar dengan lebih efektif,” tutur Alif dalam keterangan tertulis, Senin (9/10).

Hal kedua yang harus diperhatikan, yakni gunakan sumber belajar yang tepat. Ia menyebut, ada berbagai buku dan sumber belajar online yang dapat membantu kalian memahami materi tes PPPK. Ia mengatakan, sudah banyak platform online yang bisa membantu calon pelamar belajar memahami soal tes. Aplikasi JadiPPPK bisa menjadi salah satu opsi.

“Ada ratusan Paket Latihan Soal PPPK 2023 Soal yang kami sediakan sudah disesuaikan dengan soal PPPK 2023 latsol ini cocok buat kalian yang sibuk, hanya meluangkan waktu 10 menitan saja untuk mengerjakannya,” kata dia.

Tips ketiga, adalah aktif mengikuti kursus persiapan tes PPPK. Kursus bisa sangat membantu bagi pihak. yang membutuhkan panduan dan bimbingan langsung dari instruktur yang berpengalaman. Kursus ini biasanya menyediakan simulasi tes dan latihan soal yang dapat membantu kalian familiar dengan format tes sebenarnya.

“Tips keempat adalah berlatih mengerjakan soal. Berlatih secara rutin akan membantumeningkatkan kemampuan menjawab soal dengan cepat dan tepat,” tegasnya.

Untuk poin kelima, Alif menyarankan agar pelamar bisa membuat jadwal belajar yang teratur dan konsisten. Pelamar bisamengalokasikan waktu setiap hari untuk belajar, berlatih soal, dan memahami materi. Ini akan membantu pelamar PPPK memaksimalkan persiapan.

Terakhir, ia juga menyebut persiapan untuk menjaga kesehatan dan kondisi fisik juga tak kalah pentinh. Pastikan diri untuk mendapatkan istirahat yang cukup, makan dengan baik, dan tetap aktif secara fisik. Kesehatan yang baik akan membantumu tetap fokus dan berenergi selama persiapan tes dan saat mengikuti tes sebenarnya.

"Ingatlah bahwa persiapan tes PPPK memerlukan komitmen dan usaha yang konsisten. Dengan persiapan yang baik dan sumber belajar yang tepat, Anda akan memiliki peluang lebih baik untuk berhasil dalam Tes PPPK 2023," papar dia.

184