Home Ekonomi RMK Energy Siapkan Belanja Modal untuk Selesaikan Proyek Jalan Khusus Tambang

RMK Energy Siapkan Belanja Modal untuk Selesaikan Proyek Jalan Khusus Tambang

Jakarta, Gatra.com - PT RMK Energy Tbk (RMKE) mengungkapkan menyiapkan biaya belanja modal (capital expenditure/capex) senilai Rp300 miliar pada 2024 mendatang. Atau menurun dibanding capex yang dikucurkan pada 2023 yaitu Rp350 miliar.

Direktur Keuangan RMKE Vincent Saputra mengatakan, belanja moda tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur jalan yang sedang berlangsung, berupa hauling road yang membentang sepanjang 30-an Km ke Muara Enim.

“Target kita di capex tahun depan sebesar Rp300 miliar, untuk menyelesikan jalan yang sudah jalan tahun ini,” kata Vincent dalam public expose Q3, Kamis (2/11).

Menurutnya, saat ini pembangunan infrastuktur berupa jalan yang tengah perseroan bangun tersebut mengalami bebeapa kendala. Salah satunya yaitu terkait pembebasan lahan.

Adapun, Vincent juga menjelaskan bahwa, hauling road yang sudah dibangun sepanjang 25 KM. Dan sisa sekitar 7-8 KM yang belum dibangun karena kendala pembebasan lahan.

“Kurang 7-8 Km lagi yang kami ingin selesaikan pembebasannya. Harapannya sebelum akhir tahun pembebasanya rampung, dan 6 bulan kedepan kami fokus ke pembangunan (jalan),” jelasnya.

Vincent menjelaskan, progres pembangunan hauling road yang direncanakan akan terhubung dengan tambang baru bara milik PT Bukit Asam Tbk (PTBA) tersebut memang mengalami kemunduran dari target yang telah ditetapkan. Namun, proyek ini diproyeksi akan rampung pada awal 2024 mendatang.

“Memang progres ada sedikit kemunduran kemungkinan akan selesai di kuartal 1 atau kuartal 2 tahun depan,” pungkasnya.

57