Home Pendidikan Sambut HGN, Siswa Sungkem Sambil Basuh Kaki Guru Pakai Air Kembang

Sambut HGN, Siswa Sungkem Sambil Basuh Kaki Guru Pakai Air Kembang

Sragen, Gatra.com - Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ke-78 di SMKN 2 Plupuh Sragen emosional, Sabtu (25/11). Para siswa bersimpuh di hadapan bapak dan ibu gurunya sambil meminta doa restu. Mereka juga membasuh kaki guru sebagai tanda penghormatan.

Kegiatan usai upacara bendera ini memulai rangkaian semarak HGN di salah satu SMA negeri itu. Tiap tiga siswa membawa baskom isi air kembang itu ke seorang guru. Total 186 siswa mengikuti jamasan dan sungkeman guru. Para guru duduk berjajar menunggu didatangi murid. Sesampainya di hadapan guru, para siswa berjongkok lalu bersalaman dan membasuk kakinya. Tak lupa, para siswa mengucapkan terima kasih telah sabar mendidik dan meminta doa restu kesuksesan di masa mendatang.

Menanggapinya, para guru mengusap kepala siswa kemudian memberikan pesan dan doa-doa terbaik. Isak tangis haru mengiring kegiatan jamasan dan sungkeman di SMK Negeri 1 Plupuh.

"Bukan sekadar tradisi tapi harus selalu diingat dan diapresiasi tugas para guru. Pemerintah mencanangkan HGN karena sosok gurulah yang menyiapkan para pemimpin bangsa dan para generasi yang memperbaiki kehidupan," kata Kepala SMKN 2 Plupuh Sragen, Sri Eka Lelana.

Baca Juga: Rembug Bersama Pendidikan Bahas Transformasi Guru di Era Milenial

Dalam kesempatan itu diumumkan predikat guru terdisiplin, berkarakter dan bersahabat.

Sedangkan para siswa berprestasi juga diumumkan peringkatnya di lomba produksi film pendek antarkelas. Lalu digelar lomba memasak antar kelompok guru.

"Tujuan dari peringatan Hari Guru Nasional tahun 2023 di SMK Negeri 1 Plupuh adalah untuk membangun rasa hormat para peserta didik kepada semua guru, dan untuk meningkatkan kepedulian dan rasa kasih sayang semua guru kepada seluruh siswa," katanya.

Guru SMKN 1 Plupuh, Eny Supriyantini mengaku terharu dan tersentuh dengan kegiatan itu.

"Sebuah pengalaman yang baru dan sangat luar biasa. Semoga kedepan anak-anak semakin baik secara budi pekerti dan karakternya bisa sukses dalam belajar dan usahanya," katanya.

Sedangkan Siswi Kelas XII RPL mengaku air matanya mengalir saat sungkeman. Ia mendoakan bapak ibu gurunya selalu sehat dan dimudahkan segala urusan.

"Tetap sabar kepada kami dan jangan pernah kehilangan senyum untuk kami. Doa terbaik untuk bapak ibu guru semua. Selamat Hari Guru," katanya.

147