Home Pendidikan Kemerdekaan Guru Jadi Pendorong Kemajuan Pendidikan Indonesia

Kemerdekaan Guru Jadi Pendorong Kemajuan Pendidikan Indonesia

Jakarta, Gatra.com - Kemajuan pendidikan Indonesia terletak pada kemerdekaan guru. Kemerdekaan tersebut harus hadir dalam lingkup mengajar, meningkatkan kemampuan diri, serta saling belajar dari sesama, agar dapat memberikan pendidikan yang berkualitas.

Atas dasar itulah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi payung besar gerakan merdeka belajar, yang mempunyai semangat menghadirkan transformasi pendidikan di Indonesia dengan prinsip yang fleksibel. Belum lagi, menurut Presiden Jokowi, dalam menghadapi tantangan masa depan dan perubahan global yang semakin tidak terprediksi, sebuah inovasi pendidikan haruslah dilakukan.

"Kita wajib berinovasi dalam pendidikan guna meningkatkan kualitas dan menciptakan sumber daya manusia unggul yang berkepribadian dan berkarakter Indonesia," ujar Jokowi dalam peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023 di Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (25/11)

Sementara itu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, menyebut bahwa payung besar program Merdeka Belajar selama ini telah menghasilkan berbagai kebermanfaatan bagi insan pendidikan tanah air.

Misalnya saja, Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum yang berpusat pada kemerdekaan guru dalam berinovasi, kini telah berhasil diterapkan di lebih dari 350.000 satuan pendidikan.

Kemudian, sebanyak 50.000 Guru Penggerak yang saat ini tersebar di seluruh Indonesia pun terus mendorong perubahan besar di daerahnya masing-masing, di mana 9.000 lebih di antaranya sudah diangkat menjadi kepala sekolah.

Terkait pengangkatan guru honorer sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), saat ini telah tercapai lebih dari 500.000, dari target satu juta guru ASN PPPK. Harapannya, target tersebut dapat terpenuhi di tahun 2024.

“Semua capaian Merdeka Belajar adalah hasil dari dedikasi dan kerja keras Ibu dan Bapak guru di seluruh Indonesia. Setiap guru yang hadir pada kesempatan ini sudah dan akan terus memberikan kontribusi yang luar biasa untuk kemajuan pendidikan Indonesia,” tutur Nadiem.

 

51