Home Politik TPN Klaim Suara Ganjar-Mahfud Salip AMIN, Tadinya Optimistis Menang Satu Putaran

TPN Klaim Suara Ganjar-Mahfud Salip AMIN, Tadinya Optimistis Menang Satu Putaran

Jakarta, Gatra.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud mengatakan, berdasarkan hasil survei internal mereka, perolehan suara Ganjar-Mahfud telah menyalip Anies-Muhaimin (AMIN). TPN memprediksi, pemetaan suara tidak akan berubah secara signifikan jika tidak terjadi hal-hal luar biasa.

Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto, mengatakan, awalnya pihaknya optimis dapat memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dalam satu putaran. Namun, melihat hasil survei dari berbagai lembaga dan pemetaan suara di masyarakat, TPN pun meyakini Pilpres akan berlangsung dalam dua putaran.

“Tadinya, kami optimis [Ganjar-Mahfud] bisa menang satu putaran,” ucap Andi Widjajanto saat konferensi pers di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta, Rabu (27/12).

Andi mengatakan, perolehan suara Ganjar-Mahfud sudah lebih baik dan rebound dari posisi sebelumnya.

Berdasarkan data tujuh hari yang lalu, suara Ganjar-Mahfud berada di angka 35 persen. Untuk data paling terakhir, yaitu per 24 jam yang lalu, terdapat peningkatan suara untuk pasangan calon (paslon) nomor urut 3, yaitu menjadi 37 persen.

Sementara itu, suara Prabowo-Gibran mengalami penurunan. Data tujuh hari yang lalu menunjukkan kalau paslon nomor 2 ini memperoleh 42,6 persen suara. Tapi, data per 24 terakhir, angka ini turun menjadi 41,1 persen.

Angka suara paslon Anies-Muhaimin cukup stabil. Berdasarkan data tujuh hari yang lalu, Amin memperoleh 22 persen suara. Tapi, dalam 24 jam terakhir, angka ini turun menjadi 21,7 persen.

“Kalau tidak terjadi sesuatu yang signifikan, maka peluang putaran dua tampaknya akan terjadi antara pasangan 02 dan 03,” ucap Andi.

69