Home Pemilu 2024 Prabowo Sebut Dalam Pertahanan, Kita Harus Jaga Kekayaan Indonesia

Prabowo Sebut Dalam Pertahanan, Kita Harus Jaga Kekayaan Indonesia

Jakarta, Gatra.com- Calon presiden (capres) nomor urut dua, Prabowo Subianto, mengatakan masalah pertahanan adalah hal penting untuk diwujudkan. Dia mengatakan hal itu terkandung dalam amanat konstitusi Indonesia.

"Kita kembali kepada dasar kita, tujuan nasional yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945, tercantum sangat tegas, bahwa tujuan kita yang pertama adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia," kata Prabowo dalam Debat Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1).

"Jadi fungsi dari negara yang pertama adalah melindungi, berarti adalah pertahanan," tambahnya.

Dia mengatakan Indonesia adalah negara yang besar dan kaya. Ia juga mengatakan kondisi tersebut mengundang kedatangan negara asing ratusan tahun lalu.

"Kita menyadari negara kita sangat besar, sangat kaya. Ratusan tahun, negara-negara dari jauh datang ke Nusantara ini untuk intervensi, untuk mengganggu, untuk adu domba dan mencuri kekayaan kita," kata dia.

Bahkan, lanjutnya, saat Indonesia sudah merdeka pun negara asing masih mengambil keuntungan dengan mengambil kekayaan Indonesia dengan murah. Prabowo menegaskan Indonesia harus menjaga kekayaannya demi kemaslahatan rakyat.

"Karena itu, untuk kita menjadi negara makmur, untuk kita menjadi negara sejahtera, untuk rakyat kita hidup layak, punya pekerjaan layak, kita harus menjaga kekayaan kita, dan habis itu kita harus mengelola negara kita," ujar dia.

Selain itu, Prabowo juga mengatakan jika terpilih menjadi presiden, Indonesia akan terus menjalankan politik luar negeri bebas aktif. Dia yakin pilihan tersebut dapat mengamankan kondisi Indonesia.

"Politik negara kita sejak awal kita merdeka adalah bebas aktif, nonblok, tidak ikut blok-blok, tidak ikut pakta, ini akan saya teruskan. Dengan hubungan baik dengan semua kekuatan, kita bisa mengamankan kepentingan nasional kita," ujarnya.

19