Home Internasional Raja Yordania Peringatkan Perang Meluas jika Israel Serang Gaza selama Ramadan

Raja Yordania Peringatkan Perang Meluas jika Israel Serang Gaza selama Ramadan

Amman, Gatra.com - Raja Yordania Abdullah II memperingatkan akan terjadinya perang regional yang lebih luas, jika Israel melanjutkan kampanye militernya di Jalur Gaza selama bulan suci Ramadan pada bulan Maret.

AFP, Minggu (25/2) dikutip kantor berita resmi Yordania, Petra menyebut, pada pertemuan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Abdullah memperingatkan “berlanjutnya perang di Gaza selama bulan suci Ramadhan, yang akan meningkatkan ancaman perluasan konflik.”

Israel telah memperingatkan bahwa, jika militan Hamas yang didukung Iran tidak membebaskan sisa sandera yang ditahan di Gaza pada awal Ramadhan, maka Israel akan terus berperang selama bulan suci tersebut, termasuk di Rafah di sepanjang perbatasan Mesir di mana sekitar 1,4 juta warga Gaza mencari perlindungan.

Ramadhan akan dimulai pada 10 atau 11 Maret.

Negosiasi untuk gencatan senjata di Gaza telah dilanjutkan di Doha, media Mesir melaporkan pada hari Minggu, namun Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan kesepakatan apa pun tidak akan mencegah serangan di Rafah.

Hal ini, katanya, akan menempatkan Israel dalam beberapa minggu menuju “kemenangan total” atas Hamas yang serangannya pada tanggal 7 Oktober terhadap Israel memicu perang.

32