Home Politik PDIP Raih 9 Kursi DPRD Kabupaten Purworejo, Inilah Wajah Baru Caleg Terpilih

PDIP Raih 9 Kursi DPRD Kabupaten Purworejo, Inilah Wajah Baru Caleg Terpilih

Purworejo, Gatra.com - PDI Perjuangan menjadi jawara perolehan suara pada Pemilu Legislatif (Pileg) Tahun 2024 di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Partai yang terkenal dengan lambang banteng moncong putih ini mendapat suara sah sebanyak 91.978.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Purworejo, Dion Agasi Setiabudi, saat dihubungi mengatakan bahwa, partainya mendapat 9 kursi di DPRD Kabupaten Purworejo. Ada wajah-wajah baru legislator dari PDI Perjuangan, yakni Rendy Aditya Saputra dari Dapil 5 (Kecamatan Pituruh, Kemiri Bruno). Kemudian Cipto Waluyo yang merupakan pengusaha bulu mata palsu menjadi wakil rakyat dari Dapil Purworejo 6 (Kecamatan Bener, Loano, Gebang).

Juga ada Alipman Syafi'i seorang kontraktor yang memperoleh kursi dewan dari Dapil Purworejo 3 (Kecamatan Banyuurip, Bayan).

"Alhamdulillah, PDI Perjuangan masih memenangkan perolehan kursi di parlemen Purworejo. Target kami kemarin adalah menang, alhamdulillah terpenuhi," kata Dion.

Dion menjelaskan, meskipun memenangi Pileg, secara internal pihaknya akan tetap melakukan evaluasi setelah resmi dilantik. Dion juga enggan menjelaskan siapa saja Caleg petahana yang tersingkir dari kontestasi.

Namun dari hasil rekapitulasi suara tingkat KPU Purworejo, bisa dilihat nama-nama Caleg petahana yang gagal kembali menduduki kursi DPRD Kabupaten Purworejo karena kalah dalam perolehan suara.

Mereka adalah, Hendrikus Karel Jocom dari Dapil Purworejo 3, Luhur Tri Endro Sadewo Dapil Purworejo 5, Luhur Pambudi Mulyono Dapil Purworejo 6 serta Prabowo dari Dapil Purworejo 4 (Kecamatan Grabag, Kutoarjo dan Butuh).

Dari 9 legislator terpilih, hanya satu Caleg perempuan yang berhasil menjadi wakil rakyat, yakni Erwin Sulistiani yang merupakan Caleg incumbent di Dapil Purworejo 4.

Jumlah perolehan 9 kursi ini turun dibandingkan dengan Pileg 2019 lalu yang berhasil memperoleh 10 kursi di DPRD Kabupaten Purworejo.

3147