Home Ekonomi Perluas Pasar EBA Ritel, SMF Gandeng BRI Danareksa Sekuritas Hadirkan Produk EBA Ritel di Aplikasi B

Perluas Pasar EBA Ritel, SMF Gandeng BRI Danareksa Sekuritas Hadirkan Produk EBA Ritel di Aplikasi B

Jakarta, Gatra.com– PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF melakukan kerja sama dengan BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS) dengan menghadirkan layanan transaksi produk Efek Beragun Aset berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP) Ritel melalui aplikasi online trading BRIGHTS milik BRIDS.
Kerja sama tersebut diresmikan oleh SMF dan BRIDS di Main Hall Bursa Efek Indonesia (BEI).

Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo mengatakan bahwa Program Pengembangan Pasar EBA- SP Ritel dilaksanakan bertujuan mengembangkan jumlah investor EBA-SP dengan target investor perorangan, memanfaatkan posisi EBA-SP yang sudah ada. Dalam hal ini, SMF akan berperan sebagai market maker guna menciptakan pasar sekunder EBA- SP menjadi lebih likuid.

“Sebelumnya EBA-SP banyak dimiliki oleh investor institusi seperti Dana Pensiun (Dapen), Asuransi, dan lainnya. Kerja sama perdana ini merupakan upaya kami dalam memperluas dan mengembangkan investor base, yaitu para investor potensial seperti generasi milenial dan masyarakat lainnya yang ingin berinvestasi," katanya dalam peluncuran  Eba Ritel SMF di Aplikasi BRIDs di Jakarta, Kamis (25/4).

Baca juga: Nikmati Untungnya Pindah KPR Konvensional dan Syariah

Lebih lanjut Ananta menjelaskan bahwa untuk melaksanakan hal tersebut SMF bekerja sama denganBRIDS, yang telah memiliki portal dan aplikasi online trading yang melayani investasi dan transaksi saham, reksa dana dan efek lainnya. “Kami bekerja sama dengan BRIDS, karena kami yakin BRIDS merupakan perusahaan sekuritas yang mempunyai jaringan pemasaran yang cukup luas," tuturnya.

Menurut dia, EBA-SP Ritel akan menjadi diversifikasi bagi masyarakat dalam berinvestasi di pasar modal. "Kami berharap EBA-SP Ritel dapat diminati oleh para investor perorangan, sehingga ke depan kami bisa menjadikan EBA-SP Ritel sebagai pilihan alternatif investasi yang menarik dan aman,” kata Ananta.

Ananta berharap dengan kerja sama ini akan menambah jangkauan investor yang ingin mencari diversifikasi instrumen investasi pasar modal sehingga investor memiliki lebih banyak pilihan untuk berinvestasi dengan return yang kompetitif, tidak hanya berinvestasi dalam efek yang telah ada saat ini, seperti saham, obligasi atau reksadana.

Direktur Utama BRIDS, Laksono Widodo pada kesempatan yang sama juga mengungkapkan bahwa kerja sama dengan SMF ini sejalan dengan misi Perseroan untuk terus memberikan nilai tambah bagi investor ritel untuk mencapai hasil terbaik dalam kegiatan investasi mereka, serta sebagai upaya memberikan kemudahan akses dan layanan pasar modal bagi Masyarakat luas untuk mendukung perkembangan pasar modal Indonesia.

PT Sarana Multigriya Finansial, SMF BRI Danareksa Sekuritas, BRIDS, Efek Beragun Aset berbentuk Surat Partisipasi, EBA-SP Ritel, aplikasi online trading, BRIGHTS, BRIDS“

Baca juga: SMF dan SMI Siap Bangun Rusun ASN di IKN

"Dengan hadirnya produk EBA Ritel oleh SMF ini di aplikasi online trading BRIGHTS kami, tentunya akan semakin memperkaya pilihan produk investasi yang dapat diinvestasikan oleh nasabah kami, selain instrumen yang telah tersedia seperti saham, obligasi dan reksa dana saat ini, cukup hanya dari satu aplikasi saja,” pungkas Laksono.

EBA-SP Ritel merupakan produk investasi pendapatan tetap (fixed income) yang aman dengan rating idAAA dari PEFINDO dan memiliki likuiditas instrumen investasi yang tinggi. Sehingga nasabah dapat melakukan transaksi pembelian dan penjualan kapan saja tanpa harus menunggu hingga jatuh tempo.

Produk EBA SP Ritel SMF yang akan dipasarkan oleh BRI Danareksa Sekuritas adalah EBA SP BTN06A yang diterbitkan pada tahun 2020 (kupon 6,5% / tahun), EBA SP BTN08A yang diterbitkan pada tahun 2023 (kupon 6,65% / tahun) dan EBAS SP BRIS01A yang diterbitkan pada tahun 2023 (kupon 7% / tahun) dengan rating idAAA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dengan denominasi hanya Rp100.000,-.

103