Home Internasional Israel Melancarkan Bom Karpet di Rafah Menjelang Invasi Darat

Israel Melancarkan Bom Karpet di Rafah Menjelang Invasi Darat

Rafah, Gatra.com - Pasukan pendudukan Israel melanjutkan 'pemboman karpet' mereka yang menargetkan wilayah timur kota Rafah, di Gaza selatan malam tadi, di tengah kekhawatiran akan terjadinya invasi darat ke provinsi padat penduduk tersebut.

Dikutip Wafa Palestina, Senin (6/5), sumber-sumber lokal melaporkan bahwa pesawat-pesawat tempur dan artileri Israel mengintensifkan penembakan mereka di Rafah timur, disertai dengan peluncuran suar ke langit kota, terutama di wilayah timur, dengan puluhan drone pengintai terbang di atasnya.

Ada juga laporan kendaraan militer Israel bergerak menuju pagar perbatasan timur Rafah, yang terletak di ujung selatan Jalur Gaza.

Kota ini berfungsi sebagai tempat perlindungan terakhir bagi ratusan ribu pengungsi di wilayah kantong yang terkepung. Sejak dimulainya serangan darat yang dilancarkan pasukan pendudukan Israel di Gaza pada tanggal 27 Oktober tahun lalu, warga telah diperintahkan oleh tentara pendudukan Israel untuk bergerak dari utara dan tengah Jalur Gaza ke selatan, dengan mengklaim bahwa itu adalah “zona aman”.

Saat ini, Rafah, yang luasnya diperkirakan sekitar 65 kilometer persegi, menampung lebih dari 1,5 juta warga Palestina, yang sebagian besar terpaksa mengungsi selama fase awal agresi Israel untuk mencari keselamatan.

Pengungsi menghadapi kondisi yang mengerikan di dalam ribuan tenda yang tersebar di seluruh kota, trotoar bahkan dipenuhi tenda-tenda, dan jalan-jalan utama berubah menjadi pasar yang padat.

Persimpangan perbatasan Rafah juga merupakan jalur penyelamat bagi 2,2 juta penduduk Gaza, yang berfungsi sebagai satu-satunya pintu gerbang darat untuk pengiriman bantuan dan evakuasi korban luka. Setiap serangan militer Israel terhadap Rafah berarti merampas makanan dan bantuan medis bagi penduduknya.

Serangan pesawat tempur

Pesawat tempur Israel malam tadi melancarkan serangkaian serangan udara di berbagai wilayah kota Rafah, di selatan Jalur Gaza.

Koresponden WAFA melaporkan bahwa pesawat tempur Israel menargetkan jalan, lahan pertanian, rumah tinggal dan peternakan hewan di lingkungan As-Salām, Jinaina dan ash-Shawka, sebelah timur Rafah.

Pesawat tempur pendudukan juga menyerang gudang bantuan kemanusiaan di sisi Palestina di perbatasan Rafah, menyebabkan kebakaran dan menimbulkan kerusakan pada beberapa truk bantuan.

Beberapa warga sipil terluka dalam serangan Israel yang menargetkan sekelompok warga sipil di dekat penyeberangan Beit Hanoun di Jalur Gaza utara.

Artileri pendudukan juga menembaki bagian selatan kamp pengungsi Bureij di Jalur Gaza tengah.

88