Home Politik Pilkada Siak 2024, PAN Pastikan kembali Usung Alfedri-Husni

Pilkada Siak 2024, PAN Pastikan kembali Usung Alfedri-Husni

Siak, Gatra.com – Partai Amanat Nasional (PAN) dipastikan kembali mengusung pasangan Alfedri-Husni Merza untuk maju di Pilkada Siak 2024. Pasangan ini merupakan petahana di Kabupaten Siak, Riau.

"Untuk Pilkada Siak, calon bupati yang diusung PAN masih Pak Alfedri. Wakilnya masih Pak Husni," kata Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW PAN Riau, Fairus kepada Gatra.com, Selasa (28/5).

Fairus memastikan bahwa hanya pasangan Alfedri-Husni yang direkomendasikan ke DPP PAN. Hal ini juga diperkuat dengan posisi Alfedri sebagai Ketua DPW PAN Riau.

"Pak Alfedri Ketua DPW, jadi sudah barang pasti PAN mendukung. Dia juga punya hak prerogatif atau sepenuhnya menentukan siapa wakilnya. Nah, wakilnya masih Pak Husni. Tak lama lagi SK DPP PAN untuk pasangan ini akan turun," ujar Wakil Ketua DPRD Siak ini.

Tidak hanya soal pasangan, Fairus menyebut Alfedri juga punya hak sepenuhnya menentukan partai koalisi untuk memenuhi persyaratan pencalonan. Sebab PAN tidak bisa mengusung calon sendiri.

Perolehan kursi PAN di DPRD Siak hasil Pileg 2024 sebanyak 6 kursi, atau belum mencukupi syarat minimal mengusung calon 20 persen dari 40 total kursi di DPRD Siak.

"Yang jelas PAN mengusung Pak Alfedri sebagai calon tunggal. Soal partai koalisi lain, beliau juga punya hak prerogatif menentukan sendiri," ujarnya.

Untuk diketahui, Alfedri-Husni merupakan pasangan bupati dan wakil bupati petahana di Kabupaten Siak. Pada Pilkada 2020 lalu, pasangan ini diusung koalisi PAN, PKB, NasDem, PPP, dan Hanura.

154