Home Politik Terima Rekomondasi PAN Frans Aba Siap Bertarung di Pilgub NTT

Terima Rekomondasi PAN Frans Aba Siap Bertarung di Pilgub NTT

Kupang, Gatra.Com - Frans Aba menerima rekomendasi dari DPP Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai bakal calon Gubernur NTT. Rekomendasi yang ditandatangani langsung oleh tim pilkada DPP PAN diserahkan Sekretaris DPW PAN Provinsi NTT, Marthen Lenggu di Sekretariat DPW PAN NTT, Rabu (12/6/2024).

Fransiskus menyampaikan terima kasih kepada Partai Amanat Nasional yang memberikan rekomendasi kepada dirinya sebagai salah satu bakal calon Gubernur NTT.

“Penyerahan rekomendasi ini, bagi saya sesuai apa yang menjadi amanat dan tujuan dari pada visi misi PAN dalam menjaga kedaulatan rakyat dalam proses pilkada. Ini adalah rekomendasi Parpol kedua bagi saya ,” kata Frans Aba

Rekomendasi pertama sebut Frans dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

“Kita sudah mendapat secara resmi, dan saya juga sudah melapor kepada Ketua dan juga desk Pilkada PAN. Ini juga sebuah motivasi untuk kami selaku bakal calon ,” jelas Frans yang juga Dosen Unika Atma Jaya Jakarta ini.

Dari dua rekomendasi ini lanjut Frans Aba, secara formal dari Hanura empat kursi, dan PAN empat kursi, menjadi 8 kursi.

“Kami masih terus melakukan komunikasi dengan parpol lain unuk memenuhi kuota, pintu masuk sebanyak 13 kursi DPRD NTT. Lobi sementara dilakukan dan kamioptimis bisa mencapai bahkan lebih ,” tegas Frans seraya menyebutkan dirinya telah mendaftar di delapan Parpol yang semunya memiliki kursi di DPRD NTT.

Frans Aba menambahkan, dalam proses politik pilkada ini, dirinya sudah melakukan uji kelayakan dan kepatuhan (UKK) di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). “Saya diwawancarai langsung oleh ibu Menteri Ida Fauziyah. Dengan kehadiran rekomendasi dari PAN ini, memberikan harapan tersendiri untuk saya”, tambahnya

Didalam proses ini kata dia adalah sebuah rekomendasi, dimana ada beberapa orang bakal calon juga mendapat rekomendasi.

“Tapi bagi saya, ini adalah rekomendasi yang saya harus jalankan. Dan proses ini adalah proses untuk kita mendapatkan Surat Keputusan secara yuridis dan fakto sehingga kita lakukan bersama-sama untuk kemajuan”, ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris DPW PAN NTT, Marthen Lenggu mengatakan, DPP memberikan rekomendasi sebanyak empat orang, yakni Jane Natalia Suryanto sebagai bakal Calon Wakil Gubernur NTT, Melki Laka Lena (bakal calon Gubernur), Emelia Nomleni (bakal calon Gubernur) dan Frans Aba, sebagai bakal calon Gubernur NTT.

Terkait waktu berapa lama proses untuk mendapat SK, Marthen Lenggu mengatakan, semua diproses di DPP PAN.

“Terkait dengan durasi waktu, ini memang ada mekanisme internal dan pertimbangan-pertimbangan politis yang memang itu wewenang DPP. Karena rekomendasi ini ditandatangani oleh DPP sehingga perrimbangan-pertimbangan dan mekanisme melalui internal di DPP”, jelas Marthen Lenggu.

194