Home Regional Alfedri-Husni Dipastikan Berlayar di Pilkada Siak 2024

Alfedri-Husni Dipastikan Berlayar di Pilkada Siak 2024

Siak, Gatra.com - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Siak, Riau, memastikan pasangan Alfedri-Husni Merza maju kembali dalam Pilkada Siak 2024.

Pasangan ini sebelumnya santer disebut tidak akan berlayar di Pilkada Siak lantaran tak mendapat dukung dari partai politik.

"Alfedri-Husni dipastikan berlayar. Modal yang sudah dikantongi 6 kursi PAN di DPRD Siak," kata Ketua DPD PAN Siak, H Syarif, menjawab konfirmasi Gatra.com pada Kamis (30/5).

Syarif mengatakan, pihaknya tidak membuka penjaringan untuk calon lain, hanya pasangan Alfedri-Husni yang mendaftar dan melengkapi berkas untuk direkomendasi ke DPP PAN.

"Kalau PAN, pasangan ini prioritas. Sebab Pak Alfedri Ketua DPW PAN Riau. Tinggal tunggu SK lagi," kata Anggota DPRD Siak ini.

Syarif menyebut, pihaknya juga terus menjalin komunikasi politik dengan partai lain. Sebab syarat maju Pilkada minimal kantongi 8 kursi DPRD Siak.

"Terkait partai lain, kita terus jalin komunikasi. Alhamdulillah, sudah ada yang merespons. Syarat maju kan 8 kursi. Tinggal 2 kursi lagi. Insyaallah, kekurangan itu sudah oke," ujarnya.

Untuk diketahui, PAN menjadi partai kedua terbesar dalam Pileg 2024 dengan perolehan 6 kursi di DPRD Siak. Namun belum mencukupi syarat minimal mengusung calon 20 persen atau 8 kursi dari 40 total kursi di DPRD Siak.

Pasangan petahana ini sebelumnya mendaftar ke sejumlah partai politik seperti PKB, PDI-P, Nasdem, Hanura, Perindo, Demokrat, dan PPP.

368