Home Olahraga Lawan Irak. Shin Tae-yong Harap Penggawa Timnas Bisa Enjoy

Lawan Irak. Shin Tae-yong Harap Penggawa Timnas Bisa Enjoy

Jakarta, Gatra.com - Indonesia akan menjamu Irak pada laga kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Kamis (6/6) besok.

Pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong, berharap agara para anak asuhnya dapat menikmati laga tersebut. Meski Shin tak menampik bahwa Irak menjadi lawan tangguh bagi Indonesia.

Terbukti, pada dua pertemuan terakhir, Indonesia kalah 1-5 dari Irak pada pertandingan pertama kualifikasi Piala Dunia 2026, dan kalah 1-3 pada fase grup Piala Asia 2023.

"Para pemain semestinya bisa enjoy dan menikmati saja pertandingan besok lawan Irak, daripada kita takut. Kita pasti bisa menunjukkan bahwa angka di peringkat FIFA itu hanya sekadar angka,” kata Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut berpendapat bahwa hasil pertandingan melawan Irak bisa berbeda jika wasit memimpin dengan baik.

“Ketika bertemu Irak lagi di Piala Asia, waktu itu skornya 1-1, setelah itu Irak mencetak gol. Saya masih berpikir itu adalah offside. Jika diputuskan offside oleh wasit, kita tahu hasilnya akan berbeda,” ungkap Shin.

Shin menegaskan bahwa perbedaan peringkat FIFA tidak membuat ia dan timnya merasa rendah diri.

“Memang secara peringkat FIFA berbeda jauh tetapi saya tetap memberikan motivasi kepada para pemain, dan bisa bermain dengan percaya diri, karena kami sudah kompak dan level kami sudah semakin meningkat,” ujarnya.

Indonesia saat ini menduduki posisi kedua di klasemen sementara Grup F dengan tujuh poin, tertinggal lima poin dari pemuncak klasemen, Irak. Tim Garuda hanya memerlukan satu kemenangan dari dua laga tersisa untuk mengamankan tiket ke putaran ketiga.

Selepas laga melawan Irak, timnas Indonesia akan menjamu Filipina dalam laga terakhir fase grup kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Selasa (11/6) mendatang.

18