Home Hukum Harun Masiku 4 Tahun Buron, Pimpinan KPK: Semoga Satu Minggu Bisa Ditangkap

Harun Masiku 4 Tahun Buron, Pimpinan KPK: Semoga Satu Minggu Bisa Ditangkap

Jakarta, Gatra.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata menyampaikan harapannya agar penyidik segera menangkap buron Harun Masiku dalam waktu dekat.

"Saya kan bilang semoga, kan harapan. Itu penyidik biar tugas penyidik untuk mencari. Sebagai pimpinan semoga dalam satu minggu atau secepatnya bisa ditangkap," kata Alex di gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (12/6).

Alex menegaskan lembaga antirasuh tidak hanya pasif diri dalam mencari DPO. Termasuk pencarian Harun Masiku hingga ke Filipina dan Malaysia yang masih nihil.

"Penyidik berusaha mencari yang bersangkutan kan sudah empat tahun. Itu bukan berarti kita tidak cari. Beberapa informasi waktu itu di Filipina kita kirim tim, ada informasi katanya jadi marbut masjid di Malaysia. Artinya selama empat tahun kita tetap mencari yang bersangkutan. Syukur-syukur dengar sukarela menyerahkan diri kan lebih baik," ujarnya.

Sebelumnya KPK memeriksa tiga saksi atas informasi baru dugaan keberadaan DPO Harun Masiku. Ketiganya diketahui ada hubungan kekerabatan, yang didalami keberadaan Harun Maisku yang diduga ada pihak yang mengamankan.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto juga turut kembali diperiksa KPK. Bahkan telepon genggam dan buku catatan miliknya turut disita penyidik sebagai alat bukti.

Untuk diketahui, Harun Masiku telah menjadi buronan KPK selama kurang lebih empat tahun. Dia ditetapkan sebagai tersangka penyuap mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan pada Januari 2020. Suap itu dilakukannya untuk lolos ke DPR RI melalui pergantian antar waktu (PAW).

31