Home Ekonomi Tegaskan Visi Jadi ‘The Most Responsible Fintech’, KoinWorks Luncurkan Impact Report, Apa Itu?

Tegaskan Visi Jadi ‘The Most Responsible Fintech’, KoinWorks Luncurkan Impact Report, Apa Itu?

Jakarta, Gatra.com - KoinWorks dengan bangga mengumumkan peluncuran edisi kedua dari Impact Report yang berjudul "Leveling Up The MSME Ecosystem", yang menampilkan hasil dampak sosial perusahaan sepanjang tahun 2023, serta memperkuat komitmennya untuk menjadi ‘the most responsible fintech’ dalam mendukung pertumbuhan UMKM di seluruh Indonesia pada tahun 2025.

Benedicto Haryono, CEO dan Co-Founder KoinWorks Group, menekankan komitmen perusahaan untuk memperkuat ekosistem UMKM di Indonesia. Ia menyoroti bahwa dia berhadapan dengan berbagai tantangan, dan di sisi lain pertumbuhan serta pencapaian yang luar biasa, KoinWorks tetap berdedikasi pada visinya untuk memberikan layanan yang unggul.

“Pada tahun 2023, kami membuat terobosan signifikan dalam pembiayaan inklusif, dengan fokus pada dukungan tingkat ekosistem yang menjangkau bisnis dalam rantai pasokan yang saling terhubung. Pencapaian ini berhasil berkat dedikasi dan semangat luar biasa dari tim kami serta dukungan dari semua pemangku kepentingan," ungkap dia dalam keterangan yang diterima, Rabu (19/6/2024).

KoinWorks tidak hanya berfokus pada bidang keuangan, tapi juga meningkatkan ekosistem UMKM di Indonesia, sambil mengedepankan tanggung jawab kepada seluruh penggunanya. Dalam sektor-sektor seperti fast moving consumer goods (FMCG), pertanian, dan kesehatan, faktor kecepatan, efisiensi, dan kelincahan sangat penting. Lebih dari 60% bisnis menghadapi tantangan dalam mengelola rantai pasokan secara efisien, terutama mengenai kendala arus kas.

“Kami memiliki gambaran ideal bahwa UMKM tidak hanya memasuki pasar sebagai pengecer, tetapi menjadi bagian integral dari ekosistem produksi domestik, yang memiliki catatan data bisnis yang komprehensif. Dengan akses ke pembiayaan yang efisien dari KoinWorks, didukung oleh investor individu, UMKM dapat bernegosiasi lebih baik dengan pemasok, merekrut lebih banyak anggota tim, berinvestasi dalam teknologi, dan memanfaatkan peluang pasar baru,” papar Benedicto.

CEO Eratani Andrew Soeherman juga berbagi pengalamannya, KoinWorks memfasilitasi akses keuangan melalui pendanaan yang lebih mudah dan cepat, terutama bagi petani dan unit bisnis lainnya. “Kolaborasi kami dalam pembiayaan rantai pasok, pembiayaan faktur, dan pinjaman langsung kepada petani melalui EraKiosk dan EraFarm telah memberikan perubahan besar,” jelasnya.

Bahkan, Engkus, seorang petani di Indramayu, Jawa Barat, mencatat dengan dukungan Eratani, saya berhasil meningkatkan produktivitas lahan sebesar 20%. Bantuan mereka melebihi sumber daya pertanian dan panduan yang agronomis hingga membantu dalam penyerapan hasil panen.

Langkah-langkah penting kami dalam membangun ekosistem keuangan yang lebih inklusif, antara lain termasuk pengenalan deposito dari KoinWorks Bank yang menandai momen penting dalam upaya kami untuk mencetak laba pada paruh kedua tahun 2024. Langkah ini sejalan dengan komitmen kami untuk memperluas akses keuangan bagi semua orang. Capaian berikut ini merupakan pengaruh positif KoinWorks terhadap lanskap UMKM di Indonesia.

KoinWorks bermitra dengan para pemain kunci UMKM untuk meningkatkan ekosistem UMKM di Indonesia. Kami memikirkan langkah kedepan tentang bagaimana tambahan modal melalui mitra bisnis yang tergabung dalam ekosistem KoinWorks dapat meningkatkan seluruh rantai pasokan, dan menyelesaikan kendala likuiditas. Upaya tersebut juga diperkuat dengan dukungan dari pemerintah, fasilitator UMKM, dan pemain keuangan tradisional. Selain itu, mayoritas UMKM didanai oleh investor individu dari Indonesia yang percaya pada ekosistem UMKM Indonesia.

“Kami menyediakan kesempatan belajar gratis untuk semua orang, dengan lebih dari 500 acara inklusi keuangan gratis dan hampir 135 ribu peserta secara keseluruhan. KoinPreneur telah menyelenggarakan delapan acara berdampak, termasuk webinar literasi keuangan, workshop registrasi bisnis, kunjungan ke kelurahan, bazar UMKM, dan pameran. Inisiatif ini memberdayakan para pengusaha, dengan 69% peserta perempuan. Pengguna KoinWorks menunjukkan praktik keuangan yang maju, dan memastikan keberlanjutan dan skalabilitas usaha mereka,” ucap Benedicto.

Di sisi lain, melalui solusi keuangan yang inovatif dan inklusif, KoinWorks telah secara signifikan memperluas akses modal bagi UMKM di seluruh Indonesia. Dengan menyalurkan 27,3 triliun rupiah (1,8 miliar USD) kepada lebih dari 900 ribu UMKM, kami telah memberdayakan ribuan bisnis untuk berkembang dan tumbuh. Dampak sosial yang dihasilkan termasuk lebih dari 106 ribu pinjaman, dengan 83% dari pinjaman ini dibiayai oleh investor muda, menunjukkan komitmen kuat dari generasi muda untuk mendukung pembiayaan UMKM.

“Portofolio kami mencerminkan dedikasi kami terhadap keragaman dan inklusi, dengan 80% bisnis adalah usaha mikro, 36% merupakan bisnis yang dimiliki oleh perempuan, dan 48% berlokasi di daerah pedesaan. Jangkauan yang luas ini menegaskan misi kami untuk mendemokratisasi akses keuangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di berbagai segmen masyarakat,” ungkap Benedicto.

Belum lagi soal penciptaan lapangan kerja adalah pencapaian signifikan KoinWorks pada tahun 2023, dengan 95.000 lapangan kerja baru diciptakan oleh UMKM yang menerima pinjaman usaha dari KoinWorks. Angka ini meningkat 80% dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu UMKM melaporkan peningkatan rata-rata 37,8% dalam nilai penjualan dan 37,2% dalam total aset, di mana metrik ini secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan yang dilaporkan oleh non-pengguna KoinWorks. Inisiatif kami dalam pembiayaan rantai pasokan mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan, dengan 94% UMKM mengalami peningkatan penggunaan media digital sejak bergabung dengan KoinWorks.

Untuk itu, KoinWorks berdedikasi pada praktik yang adil, mengurangi emisi, dan memberdayakan perempuan. KoinWorks telah membuat kemajuan signifikan dalam mendukung pengusaha perempuan, di samping tetap menekankan perlunya ekosistem untuk menyesuaikan program yang lebih efektif untuk membantu perempuan dalam pertumbuhan aset, kepemilikan BPJS, dan peningkatan operasi bisnis.

Maka, KoinWorks mengeklaim secara aktif meningkatkan kesadaran tentang keberlanjutan di kalangan UMKM, meskipun tidak adanya indikator untuk emisi UMKM di Indonesia. Pengguna kami menerapkan praktik Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG), termasuk mematuhi jam kerja standar, memberdayakan pemasok lokal, dan mematuhi peraturan upah minimum regional.

“Prestasi kami berbicara banyak tentang kepercayaan dan keyakinan yang diberikan oleh pengguna, investor, dan pemangku kepentingan kami. Selain itu, kerangka ESG kami memastikan bahwa kami tidak hanya melindungi klien kami tetapi juga menjaga akuntabilitas sektor fintech. Kami percaya bahwa pertumbuhan yang berkelanjutan terwujud hanya dengan praktik yang bertanggung jawab dan etis,” kata Benedicto.

KoinWorks mematuhi standar perlindungan klien di tingkat lokal dan internasional, yang dibuktikan dengan partisipasi kami dalam Digital Finance Service Client Protection Assessment Tools oleh Cerise+SPTF, dengan meraih _bronze participation_. Komitmen kami terhadap keamanan informasi dan privasi data pengguna semakin diperkuat dengan sertifikasi ISO 27001:2022.

"Komitmen ini melampaui aturan dan regulasi, mencerminkan janji kami kepada pengguna bahwa setiap interaksi dilakukan dengan standar etika yang tinggi. Prioritas utama kami adalah kesejahteraan pengguna, dan kami bertekad untuk memastikan hal ini dalam setiap aspek layanan kami," ujar Angelique Timmer, Chief of Impact KoinWorks Group.

Perusahaan menekankan pentingnya keseimbangan dalam ekosistem, dengan fokus pada keragaman, kesetaraan, dan inklusi di tempat kerja. Tim KoinWorks sendiri terdiri dari karyawan dari lima kewarganegaraan berbeda, dengan 35% merupakan perempuan, meningkat 2% dibandingkan tahun sebelumnya. Di departemen teknologi, 18% dari personel adalah perempuan. “Selain itu, dengan menekankan pada lingkungan yang sehat untuk beroperasi, kami telah mengurangi intensitas jejak karbon sebesar 14% dibandingkan tahun sebelumnya,” ucap Angelique.

“Agenda kami untuk tahun 2024 mencerminkan ambisi kami untuk memperkuat praktik ESG, memperkuat kesehatan bisnis UMKM, dan membuka jalan bagi pembiayaan hijau dan layanan yang disesuaikan dengan pengusaha perempuan. Ekosistem inklusif memiliki potensi besar untuk perubahan, yakni mengurangi emisi, memberdayakan perempuan, dan menyediakan produk yang merata,” lanjut Angelique.

Bersamaan dengan peluncuran Impact Report 2023, KoinWorks mengumumkan misinya untuk terlibat lebih jauh dengan komunitas lokal. Inisiatif 'Play It Forward' mengundang para pembawa perubahan untuk berbagi cerita tentang bagaimana mereka membantu komunitas. Pada inisiatif ini, KoinWorks akan mensponsori beberapa tim sepak bola dengan menyediakan bola sepak dan seragam tim. Upaya ini mencerminkan semangat dan persatuan masyarakat Indonesia dalam membangun komunitas melalui olahraga sepak bola yang sangat digemari.

Inisiatif ini adalah dukungan KoinWorks untuk upaya positif dalam komunitas dan merupakan demonstrasi dari komitmennya untuk memberdayakan komunitas melalui tindakan nyata di luar pembiayaan untuk usaha. Kompetisi ini terbuka untuk kelompok sepak bola aktif yang memberikan kontribusi positif, baik kepada anggotanya maupun lingkungan sekitar. Masyarakat dapat mengakses Impact Report dan mendaftar, ‘Play It Forward’, melalui tautan pendaftaran di https://koinworks.com/laporan-dampak-sosial/.

19