Home Ekonomi Investasi Rp3,8 Triliun, Pabrik Baru Frisian Flag di Cikarang Diresmikan

Investasi Rp3,8 Triliun, Pabrik Baru Frisian Flag di Cikarang Diresmikan

Cikarang, Gatra.com– Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita diwakili oleh Direktur Jenderal Industri Agro Putu Juli Ardika meresmikan pabrik susu terbaru Frisian Flag Indonesia (FFI) di Cikarang, Jawa Barat pada Selasa (2/7). Hal ini untuk memenuhi kebutuhan susu dalam negeri yang terus meningkat.

Pabrik susu ini memiliki luas 25,4 hektar atau setara dengan 35 lapangan sepakbola. Dengan kapasitas produksi 400.000 kilogram susu segar setiap hari untuk menghasilkan 700 juta kilogram produk susu setiap tahunnya.

Dengan menggunakan teknologi modern yang ramah lingkungan untuk memenuhi tujuan keberlanjutan perusahaan, pabrik ini memiliki potensi untuk memproduksi hingga 1 miliar kilogram produk susu setiap tahunnya. Investasi sebesar €257 juta (Rp3,8 triliun) untuk pabrik baru ini merupakan investasi terbesar perusahaan induk FrieslandCampina di seluruh dunia.

Baca juga: Pentingnya Konsumsi Susu saat Sahur, BEAR BRAND Berbagi di 700 Masjid

Agus Gumiwang menyampaikan apresiasinya atas kesungguhan perusahaan global, seperti FrieslandCampina yang telah memperluas investasinya dan membangun pabrik baru di Indonesia. "Pabrik baru ini diharapkan dapat terus meningkatkan kolaborasi dan inovasi, mengembangkan program kemitraan antara PT Frisian Flag Indonesia dengan peternak sapi perah," ungkap dia.

Hal ini akan memperkuat kontribusi perusahaan dalam menciptakan lapangan kerja dan memberikan nilai tambah di dalam negeri untuk pertumbuhan ekonomi nasional serta menyiapkan masyarakat Indonesia yang sehat menyongsong Indonesia Emas 2045.

Diresmikannya pabrik susu baru Frisian Flag di Cikarang ini merupakan wujud komitmen FrieslandCampina dalam berinvestasi di Indonesia. "Pabrik susu baru FrieslandCampina di Cikarang adalah dedikasi kami untuk berinvestasi di sektor susu di Indonesia," kata CEO Royal FrieslandCampina N.V., Jan Derck van Karnebeek.

Baca juga: IDF: Konsumsi Susu Tingkatkan Prestasi Akademik Anak

Menurutnya, pabrik ini sebagai investasi produksi global terbesar perusahaan dimana fasilitas ini akan berfungsi sebagai pusat penghubung untuk Asia Tenggara. "Pabrik ini merupakan perwujudan dari komitmen kami untuk menghadirkan produk susu berkualitas tinggi dan bergizi bagi generasi masa kini dan masa depan di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara, yang didukung oleh teknologi modern yang seimbang dengan kelestarian lingkungan," jelasnya.

Dia menegaskan bahwa Frisian Flag Indonesia sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan akses terhadap produk susu yang terjangkau dan bergizi. Serta mendukung kesejahteraan di beberapa wilayah Asia Tenggara.

Menawarkan nutrisi yang relevan dalam keseimbangan dengan manusia dan planet
Pabrik susu baru di Cikarang dibangun selaras dengan rencana iklim FrieslandCampina, yang bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 63% dari tahun 2015 hingga 2030 melalui pengurangan konsumsi energi dan penggunaan sumber daya terbarukan.

Baca juga: UHT, Pasteurisasi, Mana Pilihan Susu Cair Terbaik

FFI telah memulai upaya pelestarian lingkungan dengan menerapkan inovasi ramah lingkungan di seluruh rantai produksinya. Inovasi-inovasi tersebut antara lain boiler biomassa untuk pembangkit listrik tenaga uap, fasilitas daur ulang air limbah untuk pengelolaan air, dan sistem atap panel surya.

Pabrik Cikarang menargetkan untuk mengurangi emisi CO2/gas rumah kaca sebesar 45 persen, menghemat konsumsi listrik sebesar 22 persen dan konsumsi air sebesar 25 persen. Inisiatif ramah lingkungan lainnya adalah penggunaan lebih dari 55.000 palet ramah lingkungan yang diimplementasikan di Pusat Distribusi Utama dan Gudang Bahan Baku di pabrik baru ini.

Presiden Direktur Frisian Flag Indonesia, Berend van Wel, menambahkan, peresmian pabrik di Cikarang ini menandai momen penting bagi FrieslandCampina dan FFI, yang memungkinkan perusahaan untuk memainkan peran yang lebih besar dalam mendukung kemajuan Indonesia. "Dengan komitmen yang kuat terhadap keberlanjutan dan inovasi, kami berdedikasi untuk memproduksi produk susu yang bergizi bagi keluarga Indonesia sambil meminimalkan jejak ekologi kami sebanyak mungkin, berkontribusi positif bagi masyarakat dan planet ini," paparnya.

32