Home Ekonomi Indonesia-Argentina Sepakat Tingkatkan Perdagangan Dua Kali Lipat

Indonesia-Argentina Sepakat Tingkatkan Perdagangan Dua Kali Lipat

Buenos Aires, Gatra.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Produksi dan Tenaga Kerja Argentina Dante Enrique Sica sepakat meningkatkan perdagangan kedua negara hingga dua kali lipat dari capaian tahun 2018 dalam dua tahun mendatang.

Guna mewujudkan target itu, kedua negara langsung membentuk tim kerja untuk mengidentifikasi potensi produk perdagangan yang bisa ditingkatkan antara kedua negara. Kesepakatan itu dicapai pada pertemuan bilateral yang berlangsung Selasa, (14/5) waktu setempat di Buenos Aires, Argentina.

“Pada 2018, nilai perdagangaan kedua negara tercatat sebesar US$1,7 miliar. Dengan kenaikan dua kali lipat, pada 2021 nanti diharapkan terjadi keseimbangan perdagangan senilai US$3,4 miliar,” jelas Mendag melalui siaran pers yang diterima, Rabu (15/5).

Kedua negara memiliki potensi besar yang belum tergarap hingga kini. Posisi Indonesia dan Argentina sangat strategis yaitu sebagai hub atau pintu masuk pasar regional baik di ASEAN maupun Mercosur (Amerika Selatan).

Menilik potensi tersebut, kedua Menteri sependapat bahwa nilai perdagangan Indonesia-Argentina saat ini masih terlalu rendah. Argentina pun merespons positif usulan Indonesia untuk meningkatkan hubungan perdagangan bilateral.

“Penguatan kerja sama perdagangan dan investasi dengan Argentina dan Mercosur penting artinya di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi global tahun ini yang diperkirakan akan berlanjut hingga tahun depan,” pungkas Enggar.

Setelah bertemu dengan Menteri Dante Sica, Mendag Enggar melanjutkan pertemuan dengan Presiden Kamar Dagang Impor Argentina Ruben Oscar García dan Chair of the Committee of Asian Affairs dari Dewan Argentina untuk Hubungan Internasional Duta Besar Eduardo Sadous.

Kedua organisasi swasta tersebut menyambut baik usulan Indonesia untuk memperkuat kerja sama perdagangan dan investasi. Indonesia dipandang memiliki pengaruh kuat di ASEAN yang berpotensi menjadi mitra strategis Argentina dan Mercosur.

853