Home Gaya Hidup Birokasi UIN gandeng mahasiswa bidikmisi, untuk tim verifikasi

Birokasi UIN gandeng mahasiswa bidikmisi, untuk tim verifikasi

Semarang, Gatra.com - Proses penerimaan mahasiswa baru Jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), Birokasi UIN Walisongo gandeng Mahasiswa Bidikmisi untuk tim verifikasi. 
 
Pada Kamis, (18/7) proses verifikasi telah memasuki hari terakhir, berlangsung sejak tanggal 15 -19 Juli  di gedung bagian Akademik dan Administrasi kampus satu UIN Walisongo Semarang.   "Panitia Verifikasi bekerja sama dengan mahasiswa bidikmisi untuk dijadikan sebagai petugas verifikator," kata Ahmad Fathoni KAsubbag Administrasi Akademik. 
 
Berdasarkan surat edaran yang di keluarkan oleh UIN pada laman website resminya, ada  sebanyak 2.434 Mahasiswa  yang  lolos dan wajib mengikuti serangkaian tahapan verifikasi dokumen. 
"Tim dibentuk oleh Rektor, disetiap tim terdapat koordinator yang memandu jalanya sistem tahapan  verifikasi,"  kata Ahmad saat ditemui di kantor bagian Akademik dan Administrasi, Senin, (15/7).
 
Hal serupa juga disampaikan mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi yang  menjadi petugas verifikator Ulil Albab.  "Verifikator jumahnya ada 10 orang. Tim ini dibentuk atas dasar arahan dari pihak Akademik dan Administrasi," tutur mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi semester enam tersebut.
 
Ia  mengemukakan, proses persiapan hanya berlangsung satu hari, setelah melalui tahapan penyeleksian berupa  pencarian massa, pengumpulan berkas, dan dilanjutkan dengan proses pendataan  dan pembuatan surat tugas.
 
Menurutnya, terdapat kendala yang sama  setiap tahun penyelenggaraan, misalnya sistem error hingga membuat proses verifikasi menjadi terhambat akhirnya harus ditunda. Hal itu, menurut Ulil perlu segera dibenahi. 
 
"Tidak ada kendala dalam sumber daya manusianya. kesiapan dari  petugas menjadi kunci utama  dalam memulai  tahap verifikasi setiap dokumen dari mahaiswa baru," katanya.
 
Selain mahasiswa bidikmisi, untuk pembukaan rekening Bank di datangkan langsung dari petugas bank BRI Syariah. Buat keperlua kartu tanda mahasiswa dihadirkan  fotografer  dari luar kampus untuk membuat sudio mini di dalam ruangan, panitia juga menggandeng tim PTIPD untuk  merujuk silang trafik  data yang masuk dari dokumen mahasiswa. Adapun hal yang tekait uang kuliah tunggal (UKT), panitia menggandeng tim keuangan.
 
522