Home Teknologi MRT Jakarta akan Terapkan Sejumlah Teknologi

MRT Jakarta akan Terapkan Sejumlah Teknologi

Jakarta, Gatra.com - Direktur Umum PT MRT Jakarta, William Sabandar menyebut setidaknya ada tiga teknologi baru yang akan diterapkan pada menagement melalui kerja sama dengan Seoul Metro Corporation,  salah satu perusahaan asal Korea Selatan.

“Jadi, kita sedang menjelajah penggunaan big data dan proses mengembangkan digital platform MRT Jakarta,” kata William, usai penandatanganan kerja sama dengan CEO dan President Seoul Metro, Kim Tae Ho, di Wisma Nusantara, Jakarta, Kamis (15/8).

Wiliam mengatakan PT MRT Jakarta secara resmi memulai kerja sama dengan perusahaan asal Korea Selatan. Kerja sama ini dilakukan untuk menanamkan beberapa teknologi yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Teknologi yang dikerjamasakan diantaranya Samba, yakni berupa manajemen besar data analisis. Ada juga Connected Smart Station yang tugasnya mengontrol seluruh sistem yang ada. 

“Jika suatu sistem tidak bisa berfungsi dengan baik, maka sistem tersebut akan mendeteksi terlebih dahulu,” kata William.

Ada juga ASA atau (Advanced Safety Assist). Lanjut William yang merupakan suatu teknologi yang berfungsi untuk mempertahakan keseluruhan sistem. ASA, akan dilengkapi dengan sensor yang terletak di atas dan di bawah MRT sendiri.

“Ketiga teknologi ini masih dalam tahap pembelajaran. Kita akan mengirim teknisi kita kesana dan sebaliknya mereka akan melihat sistem kita. Dan ini masih dalam proses pengembangan,” katanya.

Wiliam menjelaskan perusahan Seoul Metro merupakan salah satu operator metro yang cukup lama di Korea, dengan mengoperasikan jaringan lebih dari 300 KM. 

“Mereka punya kecanggihan dalam teknologi dan pelayanan yang baik,” katanya.

William mengatakan melalui kerja sama ini diharapkan adanya langkah cepat untuk memahami teknologi pada MRT. Meski, jaringan operasi MRT Jakarta masih 16 KM. 

“Ini adalah waktu yang tepat, karena kita tidak mungkin hidup tanpa sistem teknologi yang sangat maju,” ujarnya.

Wiliam berharap MRT Jakarta dapat bisa berkembang menjadi lebih baik dan PT MRT Jakarta akan meninjau berbagai hal yang bisa dipelajari berdasarkan dari pengalaman yang dimilki baik kegagalan maupun pencapaiannya.

100