Home Teknologi Permudah Transaksi Digital, Samsung Luncurkan Samsung Pay

Permudah Transaksi Digital, Samsung Luncurkan Samsung Pay

Jakarta, Gatra.com- Samsung meluncurkan aplikasi Samsung Pay untuk mewadahi dompet digital berbasis kode QR. Sebagai langkah awal, platform ini menggandeng e-wallet DANA dan dengan Gopay yang akan dapat diakses pada 2020 mendatang.

"Samsung Pay berbasis QR Code ini pertama di Indonesia. Karena kami melihat pertumbuhan transaksi dompet digital di Indonesia luar biasa," ungkap IT and Business Vice President Samsung Electronics Indonesia, Bernard Ang di Jakarta, Kamis (10/10).

Lebih lanjut Bernard menyebut Samsung Pay merupakan inovasi untuk memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Samsung Pay bukanlah dompet digital, melainkan hub dalam bentuk platform mewadahi dompet digital.

"Kami memberikan pengalaman transaksi digital pertama dengan hanya dua langkah, swipe dari home screen dan membayar dengan scanning QR Code," ungkapnya lagi.

Samsung Pay tersedia untuk segala jenis smartphone Samsung keluaran 2019 atau berbasis Android Pie. Bahkan mulai dari ponsel entry level dengan harga mulai Rp1,7 juta. Beberapa seri yang bisa mengakses antara lain, Galaxy A10s hingga premium handset Galaxy Note dan Galaxy S.

Sebagai informasi, data Bank Indonesia menyebut perkembangan instrumen uang elektronik berbasis kartu dan server diterbitkan oleh non Bank mengalami peningkatan yang sangat signifikan dalam lima tahun terakhir. Jika tahun 2015 hanya ada 11 juta instrumen diterbitkan, per Juli 2019 angkanya melipat drastis hingga nyaris 16 kali lipat menjadi 171 juta.

Berdasarkan riset Kadence Indonesia tahun 2019, ada sebanyak 57% pengguna smartphone mempunyai uang elektronik. Baik itu berbasis aplikasi ataupun dalam bentuk kartu fisik. "Ini pertumbuhan luar biasa," ujar Bernard.

CEO DANA, Vincent Iswara menambahkan bahwa kehadiran Samsung Pay akan memudahkan dalam transaksi digital. "Konsep dompet digital banyak bisa dipakai. Sehingga saat butuh makan atau belanja di toko bayar dengan digital," katanya.

Managing Director GoPay, Budi Gandasoebrata menambahkan bahwa kolaborasi ini akan memudahkan dan menyederhanakan pengalaman pengguna dalam bertransaksi. Ia menyebut setidaknya ada ratusan ribu rekan usaha dompat digital besutan GoJek tersebut.

"Sebagai pembayaran digital terdepan di Indonesia, GoPay hadir untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi di seluruh aspek kehidupan sehari-hari," pungkasnya.

160