Home Politik Ini Pengaruh Kesbangpol Terhadap Pembumian Pancasila

Ini Pengaruh Kesbangpol Terhadap Pembumian Pancasila

Jakarta, Gatra.com - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Hariyono mengatakan, peran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melekat pada Pancasila. Menurutnya, hal itu membuat Kesbangpol bukan hanya milik Kemendagri saja, namun juga milik BPIP dan masyarakat Indonesia. 

"Kesbangpol dalam menjalankan tugas dan fungsinya ini melekat pada Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya," ujarnya dalam Rakornas Simpul Strategis Pembumian Pancasila di Merlyn Park Hotel, Jalan KH. Hasyim Ashari, Jakarta, Rabu (16/10). 

Dia juga berharap, Kesbangpol serta Kepala Daerah dapat menjadi kunci simpul pembumian Pancasila. Pasalnya, implementasi hal tersebut harus dilakukan dengan kerja sama oleh seluruh elemen bangsa.

"Kami berharap, simpul kuncinya ada di Kesbangpol. Kami sekali lagi berharap nanti bisa melaporkan kepada kepala-kepala daerah bahwa tatanan kita adalah membumikan Pancasila. Tidak bisa jika kita tidak bekerja sama," kata Hariyono. 

Dengan strategisnya posisi Kesbangpol sebagai agen untuk membumikan Pancasila, dia menilai bahwa Kesbangpol tak dapat dipandang sebelah mata. Selain itu, lanjutnya, Kesbangpol perlu dilibatkan dalam penyusunan kebijakan di daerah.

"Strategisnya Kesbangpol dalam melaksanakan tugas sesuai nilai-nilai Pancasila ini menyebabkan Kesbangpol tidak boleh dimarjinalkan," jelasnya. 

 

293