Home Milenial Jusuf Kalla: Pendidikan Nasional Masih Banyak Tantangan

Jusuf Kalla: Pendidikan Nasional Masih Banyak Tantangan

Padang, Gatra.com - Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, Muhammad Jusuf Kalla dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa (DR HC) bidang penjaminan mutu pendidikan dari Universitas Negeri Padang, dalam rapat Senat Terbuka, Kamis (5/12).

Dalam pidatonya, Rang Sumando Minang ini menyebutkan, pendidikan nasional di Indonesia masih menghadapi banyak tantangan, khususnya dalam meningkatkan mutunya, sekaligus menjamin mutu itu secara berkelanjutan.

Upaya dalam peningkatan mutu pendidikan, lanjut JK, harus dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan pemerintah, guru, orangtua murid, atau masyarakat secara keseluruhan.

"Kita perlu belajar dari negara-negara maju dengan tetap memperhatikan kondisi riil kita. Tentunya kita perlu juga memperbaiki kultur belajar dan mendorong kerja keras dan semangat untuk maju. Dunia kita dewasa ini dan di masa depan sangat kompetitif sekaligus disruptif. Dalam perkembangan yang tidak selalu kondusif itu, banyak sekali faktor yang bisa memengaruhi keberhasilan kemajuan pendidikan kita," ujar Jusuf Kalla di Universitas Negeri Padang (UNP), Kamis (5/12). 

Jusuf Kalla juga mengatakan, pendidikan itu sangat dinamis. Perlu ada beberapa perubahan kurikulum dan sistem sesuai kebutuhan. Namun apapun perubahannya tetap perlu cara untuk menguji dan menilai serta mendorong anak untuk belajar dengan baik.

"Saya sangat senang berbicara tentang peningkatan mutu pendidikan. Hanya dengan pendidikan nasional yang bermutu atau berkualitas tinggi dan merata secara nasional, Indonesia dapat mencapai kemajuan," katanya. 

Menurutnya, tanpa pendidikan nasional yang bermutu tinggi, Indonesia tidak mampu memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) unggul. Selanjutnya menjadi lokomotif bagi Indonesia yang maju dan kompetitif di tengah persaingan dunia internasional. 

322