Home Teknologi Alien di 1.700 Sistem Bintang Bisa Saja Melihat Peradaban Muncul di Bumi

Alien di 1.700 Sistem Bintang Bisa Saja Melihat Peradaban Muncul di Bumi

New York, Gatra.com- Setidaknya 1.715 sistem bintang terdekat duduk pada sudut yang sempurna untuk melihat Bumi selama 5.000 tahun terakhir, yang berarti alien yang tinggal di sistem tersebut, jika mereka ada dan memiliki teknologi yang tepat, dapat mengamati planet kita dari jauh saat peradaban awal manusia pertama kali muncul. Live Science, 24/6.

Dari sistem bintang itu, 313 keluar dari zona pengamatan khusus, yang dikenal sebagai zona transit Bumi (ETZ), sekitar beberapa ribu tahun terakhir, meninggalkan 1.402 sistem bintang yang mampu memberikan gambaran sekilas tentang planet kita hari ini. Hal tersebut muncul dalam sebuah studi baru, diterbitkan Rabu (23 Juni) di jurnal Nature. Dan selama 5.000 tahun ke depan, 319 bintang tambahan akan memasuki ETZ untuk pertama kalinya.

Semua bintang yang teridentifikasi terletak dalam jarak 326 tahun cahaya dari matahari, dan 75 di antaranya berjarak kurang dari 100 tahun cahaya. Tim memilih untuk mencari dalam radius 326 tahun cahaya karena area itu adalah fokus misi Gaia Badan Antariksa Eropa, yang bertujuan untuk membuat peta 3D galaksi kita, dan data Gaia tersedia baru-baru ini.

Mengingat bahwa manusia mulai mentransmisikan sinyal radio sekitar 100 tahun yang lalu, 75 bintang terdekat cukup dekat sehingga "gelombang radio kita sudah akan menyapu mereka," penulis pertama Lisa Kaltenegger, seorang profesor astronomi dan direktur Institut Carl Sagan di Cornell University, mengatakan kepada Live Science.

Kaltenegger mengatakan dia pikir ini adalah "bagian paling menarik" dari bintang untuk pencarian kecerdasan luar angkasa (SETI). Tetapi bahkan bintang-bintang jauh di zona pengamatan mungkin memiliki planet yang mengorbit dengan kondisi yang tepat untuk mendukung kehidupan, katanya. Pertanyaannya adalah, apakah hidup itu melihat ke belakang pada kita?

Dengan asumsi bahwa alien ada dan beberapa memiliki instrumen astronomi yang mirip dengan kita, bentuk kehidupan di luar bumi dalam sistem bintang ini dapat, secara teoritis, melihat Bumi dan bahkan mendeteksi tanda-tanda kehidupan di planet ini, dalam bentuk oksigen atmosfer dan metana, misalnya, kata Kaltenegger. Karena oksigen dan metana bereaksi membentuk karbon dioksida dan air, kedua gas tersebut perlu diproduksi dalam jumlah besar untuk muncul di atmosfer planet, jelasnya. Di planet dengan suhu yang mirip dengan Bumi, satu-satunya penjelasan untuk oksigen dan metana di atmosfer adalah tanda adanya kehidupan, katanya.

Para astronom berburu tanda-tanda kehidupan di planet ekstrasurya yang jauh dengan memantau bintang-bintang dimana planet-planet itu mengorbit, tambah Kaltenegger. Dari Bumi, cahaya bintang meredup ketika sebuah planet melintas di antara bintang dan teleskop kita; ilmuwan menganalisis dengan tepat bagaimana cahaya berubah untuk menentukan komposisi kimia dari atmosfer planet yang lewat.

Metode analisis ini hanya berfungsi untuk planet yang jalur orbitnya kebetulan bersilangan antara bintang induknya, termasuk Bumi. Itu membuat Kaltenegger dan rekan-rekannya berpikir tentang berapa banyak planet yang mungkin "melihat" Bumi dengan cara yang sama, sebagai batu pengembara yang kadang-kadang melintas di depan matahari. (Tentu saja, ini mengasumsikan bahwa alien hipotetis ini memiliki teknologi yang sama dengan kita; itu tidak menjawab pertanyaan apakah beberapa peradaban alien memiliki cara yang lebih maju untuk menemukan kita, catat Kaltenegger.)

Tim menjawab pertanyaan ini pada tahun 2020, menggunakan data dari Satelit Survei Transit Exoplanet NASA dan misi Gaia. Data ini menunjukkan bahwa 1.004 sistem bintang dalam jarak 326 tahun cahaya dari Bumi dapat "melihat" planet kita sekarang, tulis tim tersebut dalam laporan yang diterbitkan pada Oktober 2020 di jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society.

Meskipun temuan itu memberi tim gambaran tentang berapa banyak bintang (dan alien hipotetis) yang bisa mengawasi kita, itu tidak menjawab satu pertanyaan besar: Berapa lama bintang-bintang ini benar-benar bertahan di ETZ? "Kosmos itu dinamis, jadi sudut pandangnya tidak selamanya, (sudut pandang) itu didapat dan hilang," kata Kaltenegger.

Pada Desember 2020, misi Gaia merilis lebih banyak data , termasuk sensus rinci bintang yang terletak dalam jarak 326 tahun cahaya dari matahari. Apa yang disebut Katalog Bintang Terdekat ini lebih lengkap dari survei sebelumnya dan menangkap pergerakan bintang sepanjang waktu.

"Apa yang diberikan Gaia kepada Anda adalah pergerakan bintang selama beberapa tahun," kata Kaltenegger. Dalam jendela waktu terbatas, bintang dapat diperkirakan bergerak dengan kecepatan dan arah yang sama, kecuali jika mereka menghadapi anomali gravitasi seperti lubang hitam, katanya. Jadi dengan data Gaia yang baru, Kaltenegger dan timnya dapat memundurkan pergerakan bintang-bintang terdekat untuk mengintip ke masa lalu. Ini memungkinkan mereka untuk memeriksa di mana bintang-bintang berada 5.000 tahun yang lalu dan apakah mereka memberikan pandangan Bumi pada waktu itu. Mereka menggunakan metode yang sama untuk melihat 5.000 tahun ke depan.

"Untuk pertama kalinya ... kita bisa memperhitungkan pergerakan segala sesuatu di sekitar kita." dia berkata. Di antara 2.034 bintang yang diidentifikasi tim, tujuh dikenal sebagai inang planet ekstrasurya, lapor mereka. Kelompok ini mencakup bintang Ross 128, yang dapat "melihat" Bumi di masa lalu, serta Bintang Teegarden dan TRAPPIST-1 , yang akan dapat melihat planet kita masing-masing dalam 29 dan 1.642 tahun. Bintang TRAPPIST-1 memiliki tujuh exoplanet seukuran Bumi, empat di antaranya berada di zona yang disebut Goldilocks ' , di mana kondisinya "tepat" untuk pembentukan air cair.

Di antara 75 bintang terdekat yang diidentifikasi para peneliti, yang mungkin telah menerima gelombang radio Earthlings, mereka memperkirakan bahwa bintang-bintang ini mungkin menjadi tuan rumah bagi 29 dunia yang berpotensi layak huni. Perkiraan ini didasarkan pada asumsi "pesimistis" bahwa hanya 25% dari bintang-bintang yang memiliki planet ekstrasurya berbatu seperti Bumi yang mengorbitnya, meskipun tingkat kemunculan pasti planet berbatu di galaksi tidak jelas, catat tim tersebut. Sebuah analisis baru-baru ini, berdasarkan data dari teleskop luar angkasa Kepler, menunjukkan bahwa sekitar setengah dari bintang-bintang yang memiliki suhu yang sama dengan matahari kita mungkin memiliki planet berbatu di zona Goldilocks, menurut laporan tahun 2021 yang diterbitkan dalam The Astronomical Journal.

Sekarang tim telah mengidentifikasi sistem bintang yang menarik ini, mereka dapat mulai mempersempit eksoplanet terdekat mana yang paling menarik untuk diselidiki intelijen luar angkasa. Para ilmuwan akan dapat melihat lebih dekat pada planet ekstrasurya ini setelah peluncuran James Webb Space Telescope, teleskop inframerah besar yang kamera dan spektrometernya dapat menangkap sinyal yang sangat redup, menurut NASA . Berkat kepekaannya, teleskop, yang diharapkan diluncurkan akhir tahun ini, akan memberikan data terperinci tentang atmosfer dunia yang jauh, memungkinkan para astronom mendeteksi tanda-tanda kehidupan.

"Saya pikir SETI adalah pencarian jenis kehidupan yang sangat spesifik - kehidupan yang ingin berkomunikasi dengan kita," kata Kaltenegger. "Tetapi kehidupan yang ingin berkomunikasi dengan kita mungkin hanya sebagian kecil dari bentuk kehidupan yang diharapkan ada dalam kelimpahan di alam semesta," katanya.

Sejauh ini, manusia hanya berkelana tidak lebih jauh dari bulan kita sendiri . Bagi alien yang menonton dari jauh, "mungkin kita tidak begitu menarik," kata Kaltenegger.

1133