Home Kesehatan Tunggu PPKM Level 3, Kota Tegal Siapkan Pembelajaran Tatap Muka

Tunggu PPKM Level 3, Kota Tegal Siapkan Pembelajaran Tatap Muka

Tegal, Gatra.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, Jawa Tengah menyiapkan 34 sekolah untuk menggelar pembelajaran tatap muka (PTM). PTM akan digelar jika Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah turun ke level 3.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Ismail Fahmi mengatakan, pembelajaran di sekolah masih digelar dengan sistem daring karena Kota Tegal masih menerapkan PPKM Level 4. Namun sejumlah sekolah sudah disiapkan untuk menggelar pembelajaran tatap muka.

"Mekanisme yang kita siapkan, pakai piloting, percontohan pada tiap jenjang. PAUD, SD, SMP sudah ada calon piloting," kata Fahmi, Jumat (20/8).

Fahmi mengungkapkan, sekolah yang disiapkan sebagai percontohan tersebut berjumlah 34. Terdiri dari 8 PAUD, 20 SD dan 6 SMP. Seluruhnya merupakan sekolah negeri.

"Sekolah sudah siap, protokol kesehatannya sudah siap, malah sudah didambakan orang tua untuk menggelar PTM," katanya.

Menurut Fahmi, pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah tersebut akan digelar jika Kota Tegal sudah menerapkan PPKM Level 3. Sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri, sekolah di daerah yang menerapkan PPKM Level 3 bisa menggelar pembelajaran gabungan tatap muka dan jarak jauh.

"Begitu sudah level 3, diizinkan, langsung kita usulkan ke wali kota. Tim dari Satgas Covid-19 nanti ngecek dulu ke sekolah, sudah oke belum atau ada koreksi. Kalau oke, langsung buka," ujarnya.

Selain kesiapan protokol kesehatan, vaksinasi terhadap siswa menurut Fahmi juga sudah dilakukan kendati pelaksaannya terhenti di tengah jalan karena terbatasnya jumlah vaksin. Dari 35 ribu siswa jenjang SMP hingga SMA yang ditargetkan divaksin, jumlah yang sudah divaksin mencapai 10 ribu lebih.

"Itu belum siswa di sekolah swasta dan sekolah negeri yang ada di Kecamatan Tegal Selatan. Kalau vaksinnya sudah ada, pasti berjalan lagi. Yang jelas jadwal vaksinasi sudah kita ajukan ke Dinas Kesehatan, tinggal siapnya kapan dari Dinas Kesehatan," ujar Fahmi.

1115