Home Gaya Hidup Goethe Institut Gelar Festival Film Sains Bertema Kesehatan dan Kesejahteraan

Goethe Institut Gelar Festival Film Sains Bertema Kesehatan dan Kesejahteraan

Jakarta, Gatra.com – Goethe Institut kembali akan menggelar Festival Film Sains (Science Film Festival) di Indonesia pada tahun ini yang akan digelar secara daring mulai dari 12 Oktober-30 November 2021.

Karena pandemi Covid-19 masih melanda, festival film Goethe Institut kali ini mengambil tema “Kesehatan dan Kesejahteraan”. Tema tersebut diharapkan bisa memperhatikan sisi kesehatan (health) dan kesejahteraan (well-being) anak-anak selama pandemi.

“Isu kesehatan dan kesejahteraan kian penting pada masa ini dan kelak setelah pandemi berakhir,” kata Direktur Regional Goethe-Institut untuk Asia Tenggara, Australia, dan Selandia Baru, Dr. Stefan Dreyer, dalam konferensi pers virtual pada Selasa, (12/10/2021).

“Sebab itulah, pembahasan isu-isu ini secara terbuka menjadi penting pada masa sekarang, dan mengapa Science Film Festival 2021 mengarahkan fokusnya kepada sains kesehatan dan kesejahteraan melalui sejumlah film internasional terpilih mengenai topik-topik itu dan topik-topik sains lainnya. Kemajuan dan pembangunan takkan mungkin tanpa sains,” imbuh Dreyer.

Manajer Science Film Festival Indonesia, Elizabeth Soegiharto, menyampaikan bahwa acara tahunan ini akan menjangkau siswa siswi SD-SMA di 52 kabupaten/kota di Indonesia. Festival tahun ini membawa 17 film internasional yang berasal dari 22 negara di dunia.

“Di Indonesia pilihan film itu kami kerucutkan menjadi 17 film yang dikurasi oleh tim Science Film Festival dan lima juri, yang terdiri dari dua juri cilik dan tiga juri dewasa,” ujar Elizabeth.

Sejumlah 17 film yang ditayangkan di Indonesia tersebut berasal dari Afrika Selatan, Belanda, Brazil, Jerman, Portugal, dan Thailand yang telah dialihsuarakan ke dalam bahasa Indonesia. Kategori film-film tersebut adalah sebagai berikut: edu-tainment keluarga, ilmu pengetahuan alam, ilmu hayati, dan teknologi, film pendek non-verbal, dan sains.

Melansir laman resminya, bekerjasama dengan mitra lokal, Goethe Institut berupaya mempromosikan literasi sains dan memfasilitasi kesadaran akan isu-isu ilmiah, teknologi, dan lingkungan kontemporer melalui film internasional dengan kegiatan pendidikan yang menyertainya. Festival ini menyajikan isu-isu ilmiah yang mudah diakses dan menghibur bagi khalayak luas dan menunjukkan bahwa sains bisa menyenangkan.

171